1 Juni Bukan Hanya Diperingati Hari Lahir Pancasila

RUANGBICARA.co.id – Tanggal 1 Juni adalah hari yang penuh makna, baik di Indonesia maupun di tingkat internasional. Selain diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, tanggal ini juga mencakup peringatan penting lainnya seperti Hari Orang Tua Sedunia dan Hari Kesadaran Terumbu Karang Sedunia. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Hari Lahir Pancasila

Setiap tanggal 1 Juni, Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Peringatan ini bertujuan untuk menghormati perjuangan para pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.

Sejarah dan Latar Belakang

Dilansir dari laman resmi Kemendikbud, Hari Lahir Pancasila berawal dari sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang berlangsung pada 28 Mei hingga 1 Juni 1945.

Sidang ini dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Muhammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno. Pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan pidato berjudul “Lahirnya Pancasila” yang memperkenalkan konsep awal Pancasila. Kata “Pancasila” berasal dari bahasa Sanskerta: panca berarti lima, dan sila berarti prinsip atau asas.

Pengesahan Pancasila sebagai Dasar Negara

BPUPKI kemudian membentuk Panitia Sembilan yang bertugas menyempurnakan rumusan Pancasila dan menyusun UUD berdasarkan lima asas tersebut. Pancasila disahkan dalam Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945 dan dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah.

Melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, Presiden Jokowi menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadikannya hari libur nasional.

BACA JUGA: Asa Terakhir Garuda Ditentukan di Clairenfontaine

2. Hari Orang Tua Sedunia

Selain Hari Lahir Pancasila, tanggal 1 Juni juga diperingati sebagai Hari Orang Tua Sedunia. Peringatan ini dimulai pada tahun 1980-an ketika PBB mulai memperhatikan isu-isu tentang keluarga. Pada tahun 1983, Dewan Ekonomi dan Sosial Komisi Pembangunan Sosial PBB mengeluarkan resolusi yang menyoroti peran keluarga dalam proses pembangunan.

Menghormati Jasa Orang Tua

Tujuan peringatan ini adalah untuk menghormati jasa para orang tua yang telah melahirkan dan merawat anak-anak mereka hingga dewasa. Majelis Umum PBB menetapkan 1 Juni sebagai Hari Orang Tua Sedunia pada 12 September 2012, dan peringatan ini dirayakan setiap tahun untuk menghormati jasa orang tua di seluruh dunia.

3. Hari Kesadaran Terumbu Karang Sedunia

Tanggal 1 Juni juga diperingati sebagai Hari Kesadaran Terumbu Karang Sedunia. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya ekosistem terumbu karang di lautan. Terumbu karang saat ini menghadapi berbagai ancaman seperti pemutihan karang, kenaikan suhu laut, dan polusi beracun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *