4 Bos Tambang Batubara Indonesia yang Tajir Melinting

Jakarta – Industri tambang batubara di Indonesia menghasilkan sejumlah pengusaha kaya raya. Mereka memiliki kekayaan besar dari eksploitasi sumber daya alam yang melimpah, sehingga menjadikan mereka tokoh berpengaruh di ekonomi dan politik nasional.

Selain itu, beberapa nama besar memimpin perusahaan tambang batubara terbesar di Indonesia. Mereka menguasai bisnis yang mencakup sektor energi dan infrastruktur dengan aset miliaran dolar.

Berikut ini adalah daftar raja tambang batubara di Indonesia yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong adalah pengusaha sukses yang mengendalikan PT Bayan Resources Tbk (BYAN), salah satu perusahaan tambang batubara terbesar di Indonesia. BYAN dikenal dengan kapitalisasi pasar terbesar di bursa domestik, mencapai Rp 658,33 triliun.

Karena kepemimpinan visioner Low Tuck Kwong, perusahaan ini mencapai pertumbuhan dan profitabilitas yang konsisten. Menurut Forbes pada 15 Januari 2024, kekayaan Low Tuck Kwong mencapai US$ 27,2 miliar atau sekitar Rp 422,79 triliun, menjadikannya orang terkaya ketiga di Indonesia setelah keluarga Hartono dan Prajogo Pangestu.

BACA JUGA: Saham BREN Anjlok, Prajogo Pangestu Tak Lagi Jadi Orang Terkaya di Indonesia

2. Keluarga Widjaja

Keluarga Widjaja, yang diwarisi oleh mendiang Eka Tjipta Widjaja, adalah pemilik Sinar Mas Group, konglomerat besar yang memiliki PT Dian Swastika Sentosa Tbk (DSSA) di sektor energi dan infrastruktur. Selain itu, anak perusahaannya termasuk PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) dan Golden Energy and Resources Ltd. (GEAR).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *