Acara Kemenag di Pandeglang Diduga Ada Kampanye Terselubung dari Caleg DPR PKB

Pandeglang – Acara Pembinaan Penyuluh Agama Islam yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI di Hotel Horison dan Hotel Wira Carita, Pandeglang Sabtu, (2/12/2023).

Acara ini, mendapatkan sorotan terkait dugaan kampanye terselubung, dengan hadirnya Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Dapil Banten I dari PKB, Abdul Rohman, yang juga menjabat sebagai Staf Khusus Kemenag RI.

Tabrani Kemal, pengurus Badan Pemantauan Pembangunan Provinsi Banten (BP3B) Koordinator Bidang Politik dan Hukum, mengungkapkan kecurigaannya terhadap kegiatan tersebut.

Menurutnya, adanya pemberian bantuan kepada peserta dalam acara tersebut menjadi indikasi adanya upaya mendukung Caleg DPR RI yang turut hadir.

“Kami mensinyalir adanya kampanye terselubung di Kemenag untuk mendiskusikan dan mendukung salah satu caleg DPR RI yang menjabat staf khusus Kemenag RI diacara di dua lokasi itu,” ungkap Tabrani Kemal kepada media, dikutip Senin, (4/12/2023).

Baca juga: Dari 104 Hanya 25 Caleg DPR Dapil Banten I Asli dari Lebak – Pandeglang dan 4 yang Potensial

Sementara itu, diketahui Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) kecamatan Carita dan Karang Tanjung ikut menyaksikan pemberian bantuan dalam kegiatan tersebut.

“Kalau tidak salah lihat di lokasi acara juga ada pengawasan dari Panwascam ko, silahkan tanya ke Panwas langsung,” tambahnya.

Iman Faturrohman, Anggota Bawaslu Kabupaten Pandeglang, telah merekomendasikan kepada Panwascam untuk menindaklanjuti laporan dugaan kampanye.

“Sudah direkomendasikan kepada temen-temen Panwascam untuk membuat laporan dalam acara yang dihadiri oleh salah satu caleg sesuai aturan yang berlaku,” ujar Faturrohman.

Hingga saat ini, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pandeglang, H.Amin, belum memberikan komentar terkait dugaan kampanye terselubung dalam acara tersebut. Perkembangan selanjutnya akan terus dipantau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *