Adakan Talkshow, IPNU-IPPNU Cipondoh Bahas Ini

Tangerang – Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kecamatan Cipondoh sukses menyelenggarakan acara talkshow bertajuk “Literature Room“.

Sebelumnya, acara ini direncanakan pada pertengahan September. Namun, akhirnya, kegiatan tersebut sukses dilaksanakan di Aula Kecamatan Cipondoh pada pukul 09.00 WIB di awal bulan Oktober.

Membahas Literasi Demokrasi di Kalangan Pelajar

Talkshow ini mengangkat tema penting, yaitu “Literasi Demokrasi di Kalangan Pelajar.” Tema ini dipilih berdasarkan survei PAC IPNU IPPNU Kecamatan Cipondoh yang menunjukkan bahwa sebagian besar pelajar belum paham tentang demokrasi dan apatis terhadap pemimpin negeri.

Pemahaman tentang Demokrasi dan Pemilu

PAC IPNU IPPNU Kecamatan Cipondoh ingin memberikan pemahaman tentang demokrasi, khususnya kepada pelajar yang akan memiliki hak suara pada pemilu 2024.

Acara ini diharapkan dapat mengubah sikap apatis menjadi pemahaman yang lebih baik terhadap peran dan tanggung jawab dalam memilih pemimpin negeri.

Baca juga: IPNU dan IPPNU Setiabudi Serukan Cegah Money Politic di Kalangan Pelajar

Peserta dan Pembukaan Acara

Acara dihadiri oleh 70 peserta dari pelajar SMA/SMK, Pondok Pesantren, dan Kampus di Kecamatan Cipondoh. Dimulai dengan pembukaan yang meriah, termasuk pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta sambutan dari berbagai pihak, seperti ketua PAC IPNU dan IPPNU Kecamatan Cipondoh, serta camat Kecamatan Cipondoh.

Dukungan Pemerintah untuk Pemuda dan Pelajar

Camat Kecamatan Cipondoh, Khotibul Imam, menyampaikan dukungan penuh terhadap kegiatan pemuda dan pelajar IPNU IPPNU Kecamatan Cipondoh.

“Saya bangga dengan IPNU IPPNU Kecamatan Cipondoh yang telah melaksanakan acara ini, acara yang istimewa. saya selaku camat Kecamatan Cipondoh dan jajaran pemerintah di kecamatan Cipondoh akan terus mensupport kegiatan pemuda dan pelajar IPNU IPPNU Kecamatan Cipondoh, Saya berharap semoga rekan dan rekanita Cipondoh bisa menjadi pemimpin di masa depan, semoga akan terus ada acara seperti ini yang dikemas lebih spektakuler,” ujar dia saat sambutan.

Materi Talkshow dan Pemaparan Pembicara

Setelah pembukaan, talkshow dilanjutkan dengan pemaparan materi dari pembicara pertama, Muhammad Daus Syahid mengenai Pemilu serentak 2024 bagi pemilih pemula.

Materi tersebut mengupas cara menghadapi pemilu dan harapan agar pemuda lebih terlibat dalam proses demokrasi.

Pemuda Harus Bersikap Kritis dan Demokratis

Pembicara kedua, Achmad Baihaqi, Ketua Panwas Kecamatan Cipondoh, menyampaikan materi tentang literasi demokrasi. Literasi diartikan sebagai pembelajaran, khususnya melalui membaca dan menulis. Ditekankan bahwa pemuda harus peka terhadap aktivitas demokrasi, melaporkan pelanggaran, dan bersikap kritis serta demokratis, bukan apatis.

Harapan Ketua PAC IPNU Cipondoh

Ketua PAC IPNU Cipondoh, Farhan Hilal, berharap agar ilmu yang didapat para pelajar dari acara “Literature Room” dapat disampaikan kepada keluarga dan masyarakat. Semoga literasi demokrasi ini memberikan manfaat bagi semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar