Agar Tak Meninggal, Ini Tips Jaga Kesehatan Bagi Petugas KPPS

LebakDinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak memberikan tips untuk petugas KPPS menjelang Pemilu 2024. Hal ini dilakukan untuk mencegah kelelahan fatal yang terjadi pada Pemilu 2019.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Lebak, dr. Firman Rahmatullah, menyoroti pentingnya pemahaman kesehatan bagi petugas KPPS.

“Ketika nanti diperiksa kesehatan, artinya harus ada hal-hal yang harus diperhatikan dan dihindari oleh petugas. Bilamana mereka sudah mengalaminya kelelahan, kecapean, pusing dan sebagainya, jadi segera istirahat seperti istirahat saat salat dan makan terlebih dahulu,” kata Firman, Selasa (26/12/2023)

Ia juga menambahkan, seharusnya petugas KPPS jangan terus-terusan melakukan kegiatan tanpa jeda dan istirahat. Sehingga kondisi tersebut akan memicu kelelahan dan mengakibatkan kondisi badan lemah.

“Jadi tidak terus porsir, tanpa berhenti aktivitas terus-menerus, jadi ada jeda waktu istirahat dan itu kan bisa bergantian. Jadi itu tips yang saya sampaikan ke temen-temen di lapangan,” tambah Firman.

Baca juga: Mulai 11 Desember, KPU Buka Pendaftaran KPPS Pemilu 2024

Dengan 3.995 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Lebak, sekitar 27.965 petugas KPPS diharapkan menjaga kesehatan dengan pola makan seimbang.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh tetap sehat. Firman menekankan asupan makanan harus dijaga dan disesuaikan dengan kebutuhan.

“Jadi untuk makanan dan minuman itu, apa yang layaknya dimakan dan diminum, jadi itu menjadi standar. Jadi gak ada gini yah? Misalnya, harus minum susu dan lain sebagainya, kalo orang yang gak mau susu kan gimana,” ucapnya.

“Jadi makan minum yang normal ya, jadi karena kesibukan cape dan lelah. Artinya kelewat makan siang, kelewat makan malam. Sehingga dari pagi baru makan sekali perut kosong dan sebagainya,” sambung Firman.

Terakhir, ia berharap semoga kondisi tersebut jangan sampai terjadi lagi. Sehingga menimbulkan adanya korban yang kelelahan dan yang paling parah hingga korban jiwa.

“Diharapkan agar kejadian tragis tidak terulang. Kami akan menurunkan tim kesehatan di setiap kecamatan untuk meninjau TPS,” ujar Firman.

Imbauan ini diharapkan menjadi panduan bagi petugas KPPS menjalankan tugasnya aman dan sehat pada Pemilu mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *