Akibat Sering Di-bully, Siswa SMP Bakar Sekolahnya

TemanggungSiswa SMPN 2 Pringsurat Temanggung, nekat membakar sekolahnya karena mengaku sakit hati diejek teman dan gurunya.

Bocah itu mengaku di-bully sekitar setengah tahun terakhir. Pelajar berinisial R (14) itu tempak memakai sebo saat dihadirkan di Mapolres Temanggung. Bocah itu pun mengaku belajar membuat alat yang mudah terbakar dari teman.

“Motifnya sakit hati karena sering dibully orang teman-temannya, lalu kalau lapor ke guru tidak ditangani. Karena lawannya (yang bully) hanya dipanggil saja, maunya ya diskorsing,” ujar Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi saat dihubungi, Rabu (28/6/2023).

Tak hanya itu, R (14) juga mengaku kesal karena prakarya yang dibuat tidak dihargai oleh gurunya.

“Terus dia bikin prakarya tidak terlalu dihargai, dianggap biasa biasa aja. Dia maunya karyanya yang bagus dan nilainya paling tinggi,” jelas Agus.

Baca juga: Siswa SMP Bakar Sekolah, Begini Kata Ketua KPAI

Siswa SMPN 2 Pringsurat, berinisial R (14) yang nekat membakar sekolahnya kini harus berurusan dengan hukum. Bocah itu dijadikan tersangka dan kini ia menyesali perbuatannya.

“Tersangka ini masih anak sehingga berdasarkan UU sistem peradilan anak maka dijatuhi ancaman hukuman separuh dari orang dewasa. Berdasarkan sistem peradilan anak juga yang bersangkutan belum berumur 14 tahun sehingga tidak kita lakukan penahanan, tapi kita usahakan untuk titip ke orangtuanya dan kita lakukan mekanisme wajib lapor,” kata Agus.

Sekolah tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah akibat kebakaran yang dilakukan oleh siswa tersebut. Namun, belum ada informasi yang jelas mengenai kerugian yang dialami oleh sekolah tersebut.

Siswa yang diduga membakar gedung SMP Negeri 2 Pringsurat Kabupaten Temanggung tidak ditahan. Namun, polisi tetap akan memproses hukum terhadap siswa tersebut. Selain itu, pihak kepolisian juga akan melakukan pemeriksaan secara psikologis terhadap siswa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *