Arti Baju Hijau Mahfud MD saat Diumumkan Cawapres Ganjar

Jakarta – Dalam pengumuman resmi sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) oleh Ganjar Pranowo, Mahfud MD tampil dengan mengenakan baju berwarna hijau yang memikat perhatian banyak pihak. Pemilihan warna baju ini ternyata memiliki makna penting dalam konteks politik Indonesia yang penuh simbolisme.

Pilihan warna baju hijau oleh Mahfud MD tidak hanya sekadar kebetulan. Ray Rangkuti, seorang pengamat politik dan Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia, memberikan penafsiran tentang arti baju hijau ini.

Dia mengungkap bahwa ada dua aspek penting yang perlu diperhatikan dari pilihan busana Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar.

Pertama:

Pilihan baju hijau ini terkait erat dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yang merupakan partai pendukung kedua dalam koalisi yang mendukung Ganjar Pranowo. Rangkuti menjelaskan bahwa dalam politik Indonesia, biasanya calon presiden (capres) menjadi jatah partai pendukung pertama, dalam hal ini PDI-Perjuangan (PDI-P).

Baca juga: Ketua DPC PPP Lebak Sambut Baik Duet Ganjar-Mahfud

Sementara untuk partai pendukung kedua, seperti PPP, pemilihan cawapres biasanya menjadi hak mereka. PPP adalah partai yang secara formal pertama kali mendukung Ganjar Pranowo dalam kontestasi politik.

Kedua:

Pilihan baju hijau ini juga memiliki makna dalam konteks hubungan PPP dengan kelompok pemilih muslim dan kelompok Islam. Rangkuti mencatat bahwa Mahfud MD memiliki ikatan yang kuat dengan PPP dan kelompok Islam.

Selain itu, Rangkuti mengingatkan bahwa sebelumnya PPP telah mencalonkan Sandiaga Uno sebagai bakal cawapres, meskipun usulan ini akhirnya ditolak.

Oleh karena itu, pilihan baju hijau yang dikenakan oleh Mahfud MD dianggap sebagai upaya PPP untuk memanfaatkan efek elektoral dengan mengasosiasikannya dengan pemilih muslim dan kelompok agama.

Dengan begitu, tercipta pertemuan antara pendukung nasionalis yang diwakili oleh Ganjar sebagai capres dengan pemilih religius dan Islam moderat yang diasosiasikan dengan Mahfud MD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar