ASN Guru Kampanyekan Caleg, Bawaslu Pandeglang Laporkan ke KASN

PandeglangBawaslu Pandeglang mengambil langkah tegas dengan melaporkan seorang guru di Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang, ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Oknum guru tersebut diduga melanggar netralitas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan melakukan kampanye yang mendukung salah satu calon legislatif (caleg).

“Ke KASN memberikan laporan dugaan pelanggaran di kecamatan Saketi,” kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi Bawaslu Pandeglang Didin Tahajudin kepada media, dikutip Kamis, (25/1/2024).

Menurut Didin, seorang ASN tidak diperbolehkan terlibat dalam membuat keputusan yang mendukung salah satu peserta pemilu.

Baca juga: ASN Terbukti Langgar Netralitas, Apakah Pemkab Pandeglang Berani Berikan Sanksi Tegas?

“Sesuai dengan ketentuan, tidak diperbolehkan ASN ikut terlibat membuat keputusan yang menguntungkan salah satu peserta pemilu,” sambung dia.

Diduga pelanggaran ini terjadi pada awal tahun, di mana oknum guru tersebut diyakini melanggar Pasal 20 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara.

“Yang di Saketi awal tahun patut diduga pelanggar undang-undang lainnya dalam hal ini Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara,” pungkasnya.

Bawaslu Pandeglang berharap agar langkah ini dapat menjadi peringatan bagi ASN lainnya untuk menjaga netralitas dalam konteks pemilu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *