Belakangan Ini Cuaca Terasa Panas, BMKG Ungkap Penyebabnya

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membeberkan penyebab dari cuaca panas terik yang belakangan ini melanda beberapa daerah di Indonesia.

Informasi ini diungkap oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, yang mencatat suhu tertinggi mencapai 38,0 derajat Celsius pada periode 22-29 September 2023.

Fenomena Suhu Tinggi di Beberapa Wilayah

“Dalam sepekan terakhir, sebagian wilayah Indonesia mengalami suhu panas yang cukup tinggi pada siang hari. Berdasarkan data BMKG, suhu maksimum selama periode 22-29 September 2023 di beberapa wilayah mencapai 35-38,0 °C,” ujar Guswanto dalam keterangan tertulis pada Minggu (1/10/2023).

Data pengamatan BMKG menunjukkan kisaran suhu antara 35 hingga 38,0 °C, dengan puncak suhu tercatat di Semarang, Jawa Tengah, pada tanggal 25 dan 29 September 2023.

Baca juga: Prediksi Cuaca Ibukota Provinsi Hari Ini Menurut BMKG

Faktor-faktor Penyebab Cuaca Panas

Menurut Guswanto, kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk minimnya pertumbuhan awan di wilayah tersebut.

Cuaca cerah dan minimnya tingkat pertumbuhan awan, terutama pada siang hari, menjadi penyebab utama terjadinya suhu panas yang signifikan.

Peringatan BMKG dan Prediksi Lanjutan

BMKG memberikan peringatan bahwa fenomena panas terik ini diperkirakan akan berlanjut hingga Oktober.

Meskipun sebagian besar wilayah Indonesia masih dalam musim kemarau, Guswanto menegaskan bahwa faktor lain seperti kecepatan angin, tutupan awan, dan tingkat kelembapan udara juga berperan dalam kondisi suhu terik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar