Belum Tersangka, Menteri Pertanian SYL Ajukan Pengunduran Diri

Jakarta – Meskipun belum resmi menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), dikabarkan mengajukan pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo pada Kamis (5/10/2023),

Hal ini diungkapkannya dalam konferensi pers di Istana Negara.

“Sore hari ini minta waktu presiden dan diberikan kesempatan Mensesneg untuk menyampaikan usul surat pengunduran diri saya,” kata Syahrul saat jumpa pers di Istana Negara.

SYL menjelaskan bahwa alasan di balik pengunduran dirinya terkait dengan proses hukum yang tengah dihadapinya.

“Saya harus hadapi serius. Jangan ada stigma dan persepsi menghakimi saya dulu,” jelasnya.

Baca juga: Mentan RI SYL Hilang Kontak, KPK Tetap Lanjutkan Penyidikan

Kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian tengah menjadi perhatian KPK, dengan tiga klaster terkait sedang dalam tahap penyelidikan.

Meskipun status SYL belum resmi sebagai tersangka, hasil gelar perkara menunjukkan bahwa dirinya dan dua pejabat Kementan lainnya dianggap sebagai tersangka dan telah dikonfirmasi oleh Menko Polhukam Mahfud MD.

Sebelumnya SYL sempat dikabarkan ‘hilang’ pada Selasa, (3/10/2023). Namun kemudian ia dikabarkan telah kembali ke Tanah Air kemarin.

Menjelang Pemilu 2024, keputusan pengunduran diri SYL menambah dinamika dalam dunia politik di Indonesia, sehingga memunculkan beragam spekulasi.

Sementara proses hukum terus berlanjut dan publik menanti perkembangan lebih lanjut terkait kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar