Berkat Jasa Marga, Pelaku UMKM Kini Melek Keuangan dan Branding

RUANGBICARA.co.id, Bogor – Sebagai bentuk komitmen terhadap Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Jasa Marga menggelar pelatihan bertema “Personal Branding dan Literasi Keuangan untuk UMKM Binaan Jasa Marga”. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, mulai Selasa hingga Kamis (17/7/2025) di Bogor.

Selanjutnya, pelatihan ini diikuti oleh 30 pelaku UMKM binaan dari sejumlah wilayah operasional Jasa Marga. Wilayah tersebut meliputi Ruas Tol Jagorawi, Dalam Kota, Tangerang, dan Jakarta-Cikampek. Para peserta mengikuti berbagai sesi pelatihan yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan branding serta pengelolaan keuangan usaha.

BACA JUGA: Jadi Dirut Jasa Marga, Rivan Achmad Purwantono Ditantang Pakar Selesaikan Ini

Selain itu, materi pelatihan diberikan dalam bentuk interaktif dan studi kasus. Peserta diajak memahami strategi pemasaran berbasis identitas merek, pemanfaatan media sosial untuk promosi, hingga teknik pencatatan arus kas yang praktis dan bisa diterapkan langsung dalam usaha sehari-hari.

Direktur Utama Jasa Marga, Rivan A. Purwantono, menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan memperkuat komunikasi strategis UMKM agar mampu tumbuh dan berinovasi. “Keberhasilan UMKM bukan hanya dari sisi finansial, tapi juga dari seberapa kuat identitas merek mereka. Pelatihan ini memperkuat fondasi komunikasi dan jejaring, agar mereka bisa tumbuh mandiri,” jelas Rivan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *