Cegah Banjir MAPALA HPPA Cakrawala dan Warga Gotong Royong Periksa Tanggul

TangerangMAPALA HPPA Cakrawala, sebuah organisasi mahasiswa pecinta alam, menunjukkan komitmennya dalam menjaga lingkungan dengan bergotong-royong membantu warga RW 07 Komplek Cantiga, Kelurahan Petir, Tangerang.

Fokus kegiatan adalah memeriksa tanggul sepanjang Hulu Kali Angke hingga jembatan Puri Mansion, sebagai langkah pencegahan potensi bencana banjir.

Dampak hujan deras beberapa hari terakhir meningkatkan risiko banjir di wilayah Tangerang. Warga RW 07 Cantiga merasa perlu melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap tanggul di sepanjang Hulu Kali Angke sebagai tindakan preventif.

HPPA Cakrawala dengan cepat merespons kebutuhan tersebut dengan semangat gotong-royong. Anggota MAPALA HPPA Cakrawala, seperti Abil Abdul Khoir, Dede Sukmadijaya, Valid Junior, Bagoes Ardian Dewantara, dan Naufal Yurfana Aisal, aktif bersama warga RW 07 Cantiga dikutip, Selasa (12/12/2023). Mereka membentuk tim yang memeriksa kondisi tanggul, mengevaluasi potensi kerusakan, dan melakukan perbaikan jika diperlukan.

Baca juga: Kurangi Dampak Korban, Aktivis Perempuan Ini Sosialisasikan Mitigasi Bencana

Tim gabungan HPPA Cakrawala dan warga bekerja keras sepanjang Hulu Kali Angke hingga jembatan Puri Mansion. Menggunakan perahu karet rescue untuk pengarungan bersama warga, mereka berkoordinasi efektif untuk memastikan tidak ada kerusakan atau potensi kebocoran yang dapat membahayakan lingkungan sekitar.

Kegiatan gotong-royong ini juga menjadi momen silaturahmi antara HPPA Cakrawala dan warga RW 07 Cantiga. Selain memeriksa tanggul, mereka juga bertukar pengalaman dan pengetahuan mengenai upaya pelestarian lingkungan, mempererat hubungan antarwarga dalam menghadapi potensi bencana alam.

Dengan kegiatan ini, HPPA Cakrawala menunjukkan bahwa kepedulian terhadap lingkungan tidak hanya terbatas pada eksplorasi alam, tetapi juga melibatkan partisipasi aktif dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. Aksi ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat umum, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya lingkungan dan kontribusi positif bagi keberlangsungan hidup bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *