Dari 104 Hanya 25 Caleg DPR Dapil Banten I Asli dari Lebak – Pandeglang dan 4 yang Potensial

JakartaKomisi Pemilihan Umum (KPU) baru saja merilis Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu 2024, termasuk 104 calon legislatif yang sah menjadi calon tetap di Dapil Banten I.

Namun, hanya 25 di antaranya berasal dari daerah Lebak – Pandeglang, sementara sisanya bukan penduduk dari dapil tersebut, banyak di antaranya berasal dari Jakarta dan daerah lainnya.

4 Caleg Potensial Asli Orang Lebak – Pandeglang

Dari 25 orang caleg yang berasal asli dari Lebak – Pandeglang, ada 4 (empat) di antaranya yang dianggap memiliki potensi besar untuk menjadi wakil rakyat dari dapil ini.

Berikut profil singkat caleg potensial yang siap bersaing:

1. Neng Siti Julaiha

Neng Siti Julaiha, seorang perempuan kelahiran Muncang, Kabupaten Lebak, merupakan Ketua DPC PPP Lebak dan anggota DPRD Provinsi Banten dapil Lebak.

Neng Julaiha atau NJ adalah satu-satunya perempuan di Lebak yang menjadi ketua partai politik.

Kepiawaiannya dalam berpolitik sudah tak bisa diragukan lagi, dia terhitung sukses sejak terjun ke politik pertama kali menjadi anggota DPRD Kabupaten Lebak dapil 3 periode 2014-2019, kemudian periode selanjutnya 2019-2024 dia jadi anggota DPRD Provinsi Banten dapil Lebak.

Saat ini ia ingin mengulang kesuksesannya dengan berani mencalonkan menjadi Caleg DPR RI dapil Lebak – Pandeglang dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Baca juga: Profil Neng Siti Julaiha: Aktivis, Pengajar, Hingga Politisi Hebat

2. Moch. Hasbi Asyidiki Jayabaya

Moch. Hasbi Asyidiki Jayabaya, seorang pria kelahiran Lebak, adalah seorang petahana anggota DPR RI dapil Lebak – Pandeglang selama dua periode (2014-2019 dan 2019-2024).

Ia memiliki latar belakang yang kuat sebagai putra mantan Bupati Lebak dan telah berkiprah dalam berbagai sektor, termasuk sebagai pengusaha.

3. Iti Octavia Jayabaya

Iti Octavia Jayabaya, seorang perempuan asli Lebak, memiliki rekam jejak politik yang luas. Ia pernah menjabat sebagai Ketua DPC Demokrat Lebak, Ketua DPD Demokrat Banten, dan memimpin Partai Demokrat Provinsi Banten.

Selain itu, ia juga pernah menjadi anggota DPR-RI (2009-2014) dan Bupati Lebak (2013-2018 hingga 2018-2023).

4. Anda Suhanda

Anda Suhanda, seorang pria kelahiran Pandeglang, saat ini menjadi anggota DPRD Provinsi Banten.

Ia memutuskan untuk maju kembali pada Pemilu 2024 setelah memiliki pengalaman bekerja di Kerajaan Arab Saudi dan di bidang kesehatan serta Hukum Tata Negara. Selama bertahun-tahun, ia telah berperan sebagai pegiat pelayan jamaah Haji.

Dengan kehadiran caleg yang berasal dari tanah kelahirannya sendiri, diharapkan dapat lebih memperkuat suara warga dan mewakili kepentingan masyarakat setempat khususnya Kabupaten Lebak – Pandeglang di DPR RI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar