Denda 100 Ribu, Jika Warga Palangka Raya Tak Bawa KTP Ketika Pergi

Palangka Raya – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Palangka Raya mengeluarkan himbauan bagi masyarakat untuk selalu membawa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) saat bepergian.

Aturan ini didasarkan pada Peraturan Daerah Kota Palangka Raya Nomor 4 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Peraturan Walikota Palangka Raya Nomor 18 Tahun 2016 tentang Petunjuk Pelaksanaannya.

BACA JUGA: Ribuan Warga Baduy Telah Miliki BPJS dan KTP

Kasatpol PP Palangka Raya, Berlianto, menyampaikan bahwa sesuai dengan Ketentuan Pasal 81 ayat 5, setiap penduduk yang memiliki KTP-el wajib membawanya saat bepergian. Jika melanggar akan dikenakan denda Rp 100 ribu.

“Sanksi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membawa KTP-el saat bepergian,” jelas Berlianto, kepada media Sabtu (8/6/2024).

Ia menambahkan bahwa tujuan dari sanksi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membawa KTP-el.

KTP-el merupakan identitas resmi yang sangat penting bagi setiap warga negara. Selain untuk keperluan administrasi, KTP-el juga berfungsi sebagai bukti identitas diri yang sah dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

BACA JUGA: STNK Hilang atau Rusak? Ini Dia Cara Buat Ulangnya

Terakhir, Berlianto menghimbau seluruh masyarakat Kota Palangka Raya untuk selalu membawa KTP-el saat bepergian agar terhindar dari sanksi dan mempermudah proses administrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *