Dikuasai Gama Group, Masyarakat Dukung Gelaran Edu Camp di Leuweung Titipan

LebakDesa Lebaktipar menjadi saksi pembukaan acara Edu Camp bertema “Ekspedisi Kawasan Karst Series 1” yang berlangsung di Leuweung Titipan Gedogan, Lebaktipar, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak pada Jum’at, (27/10/2023).

Acara ini merupakan kolaborasi antara Geopark Youth Forum, Sanggabuana Institute, Pemdes Lebaktipar dan komunitas lokal lainnya. Dimulai pukul 20.30 WIB, Edu Camp ini mendapat respon positif atau dukungan dari masyarakat setempat.

Kepala Desa Lebaktipar, Didi Dulyani, menyambut baik gelaran Edu Camp ini dan mengungkapkan antusiasme warga terhadap acara tersebut.

“Kami sangat menyambut baik acara Edu Camp ini,” tutur Didi yang biasa disebut Jaro Koras (JK)..

Dukungan masyarakat terhadap acara tersebut dipicu oleh fakta bahwa Leuweung Titipan, termasuk Gedogan, sekarang menjadi milik PT. GAMA GROUP.

“Dukungan kami, bukan tanpa sebab yang mendasar. Hal ini, dipicu karena Leuweung-leuweung Titipan kami, termasuk Gegogan ini, sekarang sudah jadi milik PT. GAMA GROUP. dulu Leuweung Titipan tidak ada pemilik, gak boleh dimiliki, pamili, wangsit,” ungkap JK.

Menurutnya, Leuweung Titipan ini memiliki nilai penting bagi masyarakat setempat.

“Dari Leuweung Titipan ini, Air muncul di belakang kampung. Musim kemarau belum pernah kekeringan. Dimanding ditambang mending jadi wisata”, pungkasnya.

Baca juga: Keren! Sekolah Ini Sulap 200 Kg Sampah Menjadi Ecobrick

Selain itu, Abah Tohir, sesepuh Kampung Tipar menjelaskan mengapa Leuweung Titipan harus dijaga.

“Di Lebaktipar teh Leuweung Titipan ada 4 (empat) papadon, gedogan, wawangunan, pabeasan, pamegat,” jelas dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *