Disinggung Ganjar Soal HAM Prabowo Malah Minta Jangan Dipolitisasi

Jakarta – Dalam Debat Capres 2024, Ganjar Pranowo, Calon Presiden Nomor Urut 3, mengajukan pertanyaan tajam mengenai pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) kepada Calon Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto. Namun, Prabowo justru menyoroti pesannya agar isu HAM tidak dipolitisasi.

Ganjar menanyakan sikap Prabowo terkait sejumlah kasus pelanggaran HAM berat, termasuk peristiwa 1965, penembakan misterius, Talangsari Lampung 1989, penghilangan paksa, hingga peristiwa Wamena. Dalam Debat Capres di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023),

“Kalau Bapak ada di situ, apakah Bapak akan membuat Pengadilan HAM dan membereskan rekomendasi DPR? Kedua, apakah Bapak bisa menemukan di mana mereka, dikubur agar bisa berziarah?” tanya Ganjar.

Prabowo, dalam responsnya, menyatakan bahwa pertanyaan serupa sudah sering diajukan oleh lawan politiknya. “Pak Ganjar tadi justru Anda sebut tahun 2009 kan jadi sekian tahun yang lalu kan, dan masalah ini ditangani justru oleh wakil presiden Anda. Jadi, apa lagi mau ditanya kepada saya? Saya sudah menjawab,” jawab Prabowo.

Baca juga: 4 Kontroversi Gibran Saat Kampanye di Jakarta dan Tangerang

Lebih lanjut, Prabowo mengalihkan perhatian ke isu hilangnya orang di DKI Jakarta tahun ini, menegaskan sulitnya membuktikan kesan pelanggaran HAM berat yang disandangkan padanya.

“Berkali ada rekam digitalnya, saya sudah jawab berkali-kali. Tiap poling saya naik, ditanya lagi soal itu. Bapak tahu data gak? Bapak tanya ke Kapolda tahun ini, berapa orang hilang di DKI? Tahun ini ada mayat ditemukan beberapa hari lalu dan sebagainya. Come on, masa Mas Ganjar,” tambahnya.

Prabowo bahkan menyebut bahwa beberapa orang yang pernah dinyatakan hilang kini menjadi pendukungnya. “Jadi saya tadi katakan saya merasa bahwa saya yang sangat keras membela hak asasi manusia. Nyatanya, orang-orang yang dulu ditahan, yang katanya saya culik, sekarang ada di pihak saya, membela saya, saudara-saudara sekalian,” lanjutnya.

Namun, puncak respons Prabowo adalah pesannya kepada Ganjar agar isu HAM tidak dipolitisasi. “Jadi masalah HAM jangan dipolitisasi, Mas Ganjar, menurut saya. Saya kira begitu jawaban saya,” tandas Prabowo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *