Doa Bersama dan Baca 1 Miliar Sholawat Nariyah Warnai Perayaan Hari Santri

Lebak – Dalam rangka Hari Santri Nasional 2023, Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Lebak menggelar perayaan istimewa.

Acara ini mencakup pembacaan tahlil, doa bersama untuk bangsa, serta membaca satu miliar Sholawat Nariyah. Para santri juga menonton bersama film Sang Kyai di Pondok Pesantren Terpadu Nurul Faizin, Kalanganyar Lebak, Banten Sabtu, (21/10/2023)..

Penanggung jawab acara aekaligus Sekretaris PC IPNU Lebak, Pilah Nahrudin menyampaikan pentingnya mengikuti jejak perjuangan santri dan ulama masa lalu serta menjalankan instruksi dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

“Memberikan Semangat dan Motivasi kepada santri untuk bisa meneladani perjuangan perjuangan Santri dan Ulama dahulu, sehingga santri hari ini bisa terus berjihad untuk Jayakan Negeri, selain itu kita mengikuti Instruksi Dari PBNU untuk membacakan satu miliar Salawat Nariyah menjelang Hari Santri,” ungkap dia, dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa, (24/10/2023).

Selain itu, Ketua Cabang IPPNU, Nurul Faujiah, menjelaskan bahwa Hari Santri adalah penghargaan dari Pemerintah Indonesia.

“Hari Santri merupakan hadiah yang telah diberikan oleh Pemerintah Indonesia, yaitu Presiden Joko Widodo untuk Menghargai perjuangan Santri dan Ulama Nusantara,” katanya dalam sambutan.

Tak hanya itu, Ketua Cabang IPNU Kabupaten Lebak, Dede Sapei, menyoroti pentingnya peran santri dalam konteks saat ini.

Baca juga: Pengembangan Kader Jadi Fokus PC IPNU Kab. Serang

“Hari ini, Santri diperebutkan oleh orang-orang lain, diperebutkan dalam hal pemikiran dan keintelektualanya, terlebih di tahun politik ini banyak tokoh-tokoh yang melirik santri untuk bisa bersanding dengannya. Maka santri hari ini harus mampu berkontribusi untuk bangsa dan negara,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pimpinan Pondok Pesantren Terpadu Nurul Faizin, Umi Euis Puspitasari, menjelaskan bahwa tema Hari Santri Nasional 2023 adalah “Jihad Santri Jayakan Negeri.” Ini menggambarkan perubahan fokus dalam perjuangan santri saat ini,

“Melihat Tema Hari Santri Nasional 2023 yaitu Jihad Santri Jayakan Negeri, maka santri hari ini berjihad bukan lagi lewat peperangan tetapi berjihad melawan hawa nafsu dan berjihad menjadikan keintelektualanya agar bermanfaat,” ujar dia.

Ia juga mengapresiasi gelaran acara tersebut dengan melibatkan santri pondok pesantren Nurul Faizin.

“Saya sangat mengapresiasi Acara yang di laksanakan oleh Pimpinan Cabang IPNU dan IPNU Kabupaten Lebak yang sudah melibatkan Santri Pondok Pesantren Terpadu Nurul Faizin, sehingga santri disini bisa termotivasi dan menjadikan Hari Santri bukan ajang untuk Senang senang, melainkan untuk Refleksi Pemikiran dan Menghargai serta Mengenang Perjuangan,” tambah Umi Faiz sapaannya,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar