Doa Malam Lailatul Qadar di Bulan Suci Ramadhan

RUANGBICARA.co.id – Dalam bulan suci Ramadhan, umat Islam mengingat malam Lailatul Qadar yang penuh keberkahan. Nabi Muhammad saw. telah mengajarkan doa khusus untuk malam tersebut.

Saat ditanya oleh Siti Aisyah tentang apa yang perlu dilakukan jika menemui Lailatul Qadar, Nabi menjawab dengan menganjurkan berdoa.

Doa dalam Hadits Terpercaya

Doa tersebut terekam dalam hadits riwayat At-Tirmidzi dan hadits riwayat lima imam hadits kecuali Imam Abu Dawud. Dua redaksi doa tersebut hampir sama dan dapat diamalkan karena berdasarkan hadits yang kuat.

Dilansir dari NU Online, doa yang dimaksud sebagaimana berikut ini:

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allāhumma innaka afuwwun karīmun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī (‘annā jika dibaca berjamaah)

Artinya, “Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf yang pemurah. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami).”

Redaksi doa yang pertama ini diambil berdasarkan hadits Nabi yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi.

وَعَنْ عائشة رضي الله عنها: قالت: «قلت: يا رسولَ الله إِنْ وَافَقْتُ ليلةَ القَدْرِ ، ما أَدْعُو به؟ قال: قُولي: اللهم إنك عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُ الْعَفْوَ فاعْفُ عَنِّي» أخرجه الترمذي

Artinya, “Dari Sayyidah Aisyah ra, ia bercerita, ia pernah bertanya, ‘Wahai Rasulullah, jika aku kedapatan menjumpai lailatul qadar, bagaimana doa yang harus kubaca?’ Rasulullah saw menjawab, ‘Bacalah, ‘Allāhumma innaka afuwwun karīmun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī,”(HR At-Tirmidzi).

BACA JUGA: Penjelasan dan Tata Cara Sholat Kafarat

Redaksi yang lain berbunyi:

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allāhumma innaka afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī (‘annā jika dibaca berjamaah).

Artinya, “Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami).”

Doa malam Lailatul Qadar yang kedua ini diambil berdasarkan hadits riwayat lima imam hadits kecuali Imam Abu Dawud, berikut ini:

وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: قُلْتُ يَا رَسُولَ اَللَّهِ: أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَيَّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ اَلْقَدْرِ, مَا أَقُولُ فِيهَا? قَالَ: “قُولِي: اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي” رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ غَيْرَ أَبِي دَاوُدَ, وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ وَالْحَاكِمُ

Artinya, “Dari Sayyidah Aisyah ra, ia bercerita, ia pernah bertanya, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu jika aku mengerti sebuah malam itu adalah lailatul qadar. Bagaimana doa yang harus kubaca?’ Rasulullah saw menjawab, ‘Bacalah, ‘Allāhumma innaka afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī,’” (HR lima imam Hadits kecuali Imam Abu Dawud. Hadits ini diakui shahih oleh Imam A-Tirmidzi dan Al-Hakim).

BACA JUGA: Sudahkah Anda Memberi Zakat Fitrah? Inilah Doa dan Niatnya

Cara Membaca Doa

Doa malam Lailatul Qadar dapat dibaca sepanjang bulan Ramadhan, terutama pada 10 hari terakhir. Hal ini berdasarkan ajaran Nabi Muhammad saw. yang meningkatkan ibadahnya pada periode tersebut. Mayoritas ulama Mazhab Syafi’i meyakini malam Lailatul Qadar jatuh pada rentang waktu itu.

Dengan memperbanyak doa malam Lailatul Qadar, umat Islam berharap mendapat berkah dan keampunan dari Allah SWT. Semoga doa ini membawa keberkahan bagi seluruh umat Muslim yang beribadah dalam bulan suci Ramadhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *