Dua Kader PPP Dilantik Jadi Wamenag dan Anggota Wantimpres

Jakarta – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), secara resmi melantik dua kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yaitu Djan Faridz dan Saiful Rahmat Dasuki, untuk menduduki posisi penting dalam pemerintahan. Djan Faridz dilantik sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), sementara Saiful Rahmat Dasuki menjadi Wakil Menteri Agama (Wamenag). Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta pada Senin, (17/7/2023).

Djan Faridz menjabat di PPP sebagai anggota Majelis Kehormatan periode 2020-2025. Sementara itu, Saiful Rahmat Dasuki merupakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Jakarta.

Muhamad Mardiono, Plt Ketua Umum DPP PPP menyatakan bahwa Presiden Jokowi memiliki hak prerogatif dalam melakukan pergantian di kabinet, termasuk menentukan figur untuk jabatan penting. Jokowi pasti memiliki kriteria khusus dalam memilih orang untuk posisi kabinet.

“Ya yang pertama tentang kewenangan dalam melakukan pergantian di kabinet itu adalah menjadi hak prerogratif pak presiden. Nah yang kemudian presiden tentu memiliki instrumen dalam rangka untuk menentukan orang-orang yang nanti akan ditempatkan yang memenuhi pada kriteria kelayakan yang sesuai dengan jabatan-jabatannya itu,” kata Mardiono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmi Melantik Menkominfo dan Lima Wamen

Presiden menelaah Djan Faridz dan Saiful Rahmat Dasuki sebelum melantik mereka hari ini. Nama kader PPP tersebut diusulkan oleh Mardiono, tetapi keputusan akhir ada pada Presiden Jokowi. Djan Faridz menjadi anggota Wantimpres, sementara Saiful Rahmat Dasuki resmi menjadi Wakil Menteri Agama setelah dilantik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar