Duet Ganjar-Mahfud MD Dinilai Sangat Rasional

Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) telah mengumumkan calon wakil Presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 mendatang.

Hal ini diumumkan secara langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim,maka calon wakil presiden yang dipilih PDI-P yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Mahfud MD,” kata Megawati.

Direktur Eksekutif Lingkar Studi Politik Milenial sekaligus Manager Riset dan Advokasi Publik Netfid Indonesia Imron Wasi menyatakan bahwa dipilihnya Mahfud MD oleh PDIP ini tentunya untuk mengambil segmen pemilih dari pemilih muslim, termasuk warga atau pemilih NU, terlebih Ganjar dinilai memiliki sikap nasionalisme.

Baca juga: Ketua DPC PPP Lebak Sambut Baik Duet Ganjar-Mahfud

Jika dikombinasikan kekuatan Nasionalis-Islam bisa menjadi kekuatan yang ideal untuk meraih kemenangan.

“Sangat rasional bagi PDIP untuk mengambil Mahfud MD sebagai cawapres dari Ganjar, karena PDIP merepresentasikan kelompok nasionalis, sudah tentu mereka membutuhkan keterwakilan Islam, terlebih figur Mahfud MD ini juga secara kultural merupakan bagian dari NU,” kata Imron Wasi saat dihubungi pada Rabu (18/10/2023).

Menurutnya, hal ini bisa juga berimplikasi terhadap ceruk pemilih PKB yang akan tergerus di wilayah Jawa Timur.

“Mahfud MD ini kan pria asal Madura dengan segala pengalamannya di lembaga trias politica. Jadi, secara teritorial politik ini ada pengaruh yang besar untuk menambah kans kemenangan Ganjar dan PDIP,” sambungnya.

“Sebab, Jawa Timur menjadi wilayah yang daftar pemilih tetap terbanyak kedua setelah Jawa Barat. Meskipun, wilayah Jatim diklaim wilayah basis PKB. Artinya, jika dua wilayah seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur dikuasai, sudah tentu kans kemenangan akan semakin terbuka bagi duet Ganjar-Mahfud MD,” tambahnya

Ia juga menambahkan bahwa pemilih Mahfud MD juga tersebar secara merata, baik di Pulau Jawa maupun Luar Pulau Jawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *