Dukung Industri Kendaraan Listrik Nasional, BRIN Kembali Gelar IEMS 2024

Jakarta – Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) menggelar Kick Off Indonesia Electric Motor Show 2024 (IEMS 2024) sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ketiga.

BRIN kembali menginisiasi gelaran IEMS 2024 untuk mengakselerasi pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Acara ini bakal digelar pada 8-11 Agustus 2024 di Gedung ICC, BRIN Cibinong.

Dengan konsep pameran indoor-outdoor, IEMS 2024 menjadi platform bagi para pelaku industri kendaraan listrik untuk berkolaborasi dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang peran penelitian dalam pembangunan nasional.

Selain itu, menjadi wadah bagi perusahaan, pemangku kepentingan, dan produsen kendaraan listrik untuk mendukung perkembangan industri kendaraan listrik di Indonesia.

Melalui berbagai kegiatan seperti pameran, seminar, dan workshop, acara ini bertujuan untuk memperkenalkan inovasi dan teknologi terbaru dalam industri kendaraan listrik kepada masyarakat Indonesia.

Langkah BRIN dalam Mendukung Inovasi

Laksana Tri Handoko, Kepala BRIN, menekankan pentingnya dukungan dari seluruh stakeholders untuk mensukseskan IEMS 2024.

“Terkait hal itu, BRIN mengajak seluruh stakeholders, produsen, industri dan perusahaan mendukung kendaraan listrik berbasis baterai (full electric vehicle) untuk berpartisipasi menyukseskan IEMS 2024,” ujar Handoko, saat melakukan Kick Off IEMS 2024, di kawasan BRIN
Thamrin, Jakarta, Minggu (28/4/2024).

BRIN berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan dan ekspansi kendaraan listrik di Indonesia, khususnya kendaraan berbasis baterai.

“Langkah ini merupakan terobosan dari BRIN sebagai pendukung utama dalam upaya mengedukasi masyarakat tentang peran penelitian dalam mendukung berbagai program pembangunan nasional, meningkatkan akses masyarakat dan stakeholder untuk berkolaborasi dengan para peneliti BRIN,” ucap Handoko.

BACA JUGA: Pameran Riset dan Inovasi Unggulan Indonesia Bakal Kembali Digelar, Catat Tanggalnya!

Ia menambahkan, perkembangan kendaraan listrik sudah menunjukan geliatnya di Indonesia dan hal ini menjadi titik awal BRIN bersama Promotor (Transportasi Indonesia) menyelenggarakan IEMS.

“Tentu saja IEMS akan terus kami dorong sehingga menjadi event yang lebih besar dalam skala nasional dan secara spesifik BRIN terus mengakselerasi pertumbuhan dan ekspansi kendaraan listrik, khususnya kemdraan listrik berbasis baterai (full electric vehicle) untuk roda dua dan roda empat,” sambungnya.

Lanjut dia, dalam IEMS 2024 juga kan kembali menggelar Konvoi Kendaraan Listrik “Langit Biru” untuk kendraan roda dua dan roda empat berbasis baterai.

“IEMS 2024 juga akan memberikan berbagai apresiasi atau penghargaan dan pemberian apresiasi penghargaan bagi para peserta pameran sesuai kategori. Hal ini ini untuk mendorong para produsen kendaraan listrik. Sebab produk kendaraan listrik sudah banyak diproduksi oleh produsen lokal, khususnya untuk roda dua. Apresiasi ini sebagai mendukung dukungan BRIN agar produk lokal dapat lebih berkiprah di industri ini,” jelas Handoko.

BACA JUGA: Konvoi Kendaraan Listrik Spektakuler Bersama Menteri PPPA dalam acara IEMS 2023

Sementara Irwan Rahman, Direktur Promosi Transportasi Indonesia, selaku promotor IEMS 2024, menyampaikan IEMS 2024 sebagai bentuk dukungan terhadap prakarsa pemerintah dalam pembangunan dan pembinaan dari Transportasi pintar berbasis kendaraan listrik di Indonesia.

“Selain itu, IEMS untuk menyediakan ruang bagi pemerintah pusat, pemerintah kota, pemerintah daerah, daerah pengembang, dan perencana kota untuk lebih memahami konsep dan penerapan kendaraan listrik dalam upaya mengurangi emisi gas buang kendaraan,” ujar Irwan, di acara yang
sama.

Dia menambahkan, IEMS juga bertujuan untuk membuka peluang untuk kerjasama antara pemerintah pusat, pemda, industri otomotif nasional, dan industri pendukung kendaraan listrik di Indonesia memalui skema bisnis dan investasi yang saling menguntungkan.

“IEMS 2024 untuk memfasilitasi transfer pengetahuan dan pertukaran teknologi kendraaan listrik di tingkat nasional dan internasional,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *