Dukung Pertumbuhan Wisata, Garuda Indonesia Tambah Rute Denpasar – Sorong

JakartaGaruda Indonesia, maskapai penerbangan nasional, terus memperluas jaringan untuk mendukung pertumbuhan sektor pariwisata nasional.

Dalam upaya ini, Garuda Indonesia akan menambah rute penerbangan baru dari Denpasar ke Sorong, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pulihnya ekonomi nasional pasca-pandemi.

Penerbangan Denpasar – Sorong ini dijadwalkan akan beroperasi mulai tanggal 24 November 2023.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan bahwa rute ini akan tidak hanya menghubungkan Provinsi Papua Barat dengan Sulawesi Selatan tetapi juga memberikan dorongan signifikan terhadap perkembangan ekonomi di wilayah Timur Indonesia, khususnya di Papua.

“Melihat berbagai potensi dan peluang yang ada, kami optimistis pengoperasian rute penerbangan ini akan semakin menunjang geliat perekonomian di wilayah Timur Indonesia, khususnya di wilayah Papua, dimana Kota Sorong yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pertama di tanah Papua,” kata Irfan dalam keterangan, Rabu, (8/11/2023).

Menurut Irfan, kehadiran Garuda Indonesia di rute ini diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah Kota Sorong, yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus pertama di Papua.

Baca juga: Garuda Indonesia Raih Pendapatan 48,32% di Kuartal III-2023

Selain itu, pusat pertumbuhan di Makassar dan Denpasar di Sulawesi dan Kepulauan Nusa Tenggara diharapkan dapat menjadi akselerator pengembangan Kota Sorong dan Provinsi Papua Barat secara keseluruhan.

“Dengan demikian, besar harapan kami perluasan jaringan penerbangan Garuda Indonesia ini tidak hanya akan meningkatkan konektivitas di wilayah timur Indonesia, namun juga berkontribusi mendorong terwujudnya pembangunan yang merata dan berkelanjutan di seluruh wilayah Indonesia khususnya melalui fokus pengembangan pariwisata di Indonesia Timur,” jelasnya.

Rute penerbangan Denpasar – Sorong akan dilayani setiap hari Jumat dan Minggu menggunakan pesawat Boeing 737-800NG dengan kapasitas 162 penumpang. Frekuensi penerbangan akan ditingkatkan menjadi tiga kali per minggu pada bulan Desember 2023 untuk memenuhi tingginya permintaan libur akhir tahun.

Detail penerbangan mencakup keberangkatan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, pada pukul 02.15 LT, tiba di Bandara Domine Eduard Osok, Sorong, pada pukul 06.20 LT.

Penerbangan kembali akan berangkat dari Sorong pada pukul 08.00 LT, tiba di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, pada pukul 08.40 LT, dan kemudian kembali lagi ke Denpasar, tiba pada pukul 12.25 LT.

Pengoperasian rute Denpasar – Sorong melengkapi jaringan penerbangan Garuda Indonesia di wilayah timur Indonesia, yang juga termasuk rute Jakarta – Sorong.

Tak hanya itu, rute ini akan meningkatkan konektivitas antara Sorong dengan destinasi di Makassar, Kendari, Gorontalo, Palu, dan hingga Jeddah. Di samping itu, konektivitas Sorong dengan destinasi internasional seperti Narita, Melbourne, Singapura, Sydney, dan Seoul juga akan meningkat melalui Denpasar.

“Dengan sumber daya Sorong sebagai kota dengan potensi sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan perhubungan laut, serta wisata alam yang menjanjikan, kiranya kehadiran layanan penerbangan Denpasar – Sorong pp ini dapat meningkatkan nilai tambah Sorong dan Papua Barat, sehingga dapat secara berkesinambungan mendukung upaya Pemerintah untuk membangun dan mengembangkan wilayah Papua, khususnya melalui dukungan konektivitas udara yang andal, aman, dan nyaman,” imbuh Irfan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar