Gaet Kemnaker RI, PMII Adakan Leader Talk Summit

JakartaPengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) menggandeng Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI dalam acara Leader Talk Summit. Acara ini merupakan langkah PB PMII untuk mendukung isu ketenagakerjaan yang inklusif bagi generasi muda di tengah tantangan bonus demografi.

Leader Talk Summit, yang mengangkat tema “Masa Depan Tenaga Kerja Indonesia di Tengah Tantangan Bonus Demografi,” digelar pada Jumat (3/11/2023) di Gedung Perpustakaan Nasional, Gambir, Jakarta Pusat.

Dalam Leader Talk Summit ini, PB PMII berupaya untuk mempertemukan para pemimpin bangsa Indonesia saat ini dengan pemimpin masa depan, guna mencari solusi terbaik dalam menghadapi tantangan bonus demografi.

Direktur Leader Talk Summit PB PMII, Panji Sukma Nugraha, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kontribusi PB PMII dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

“Kegiatan Leader Talk Summit yang digagas oleh PB PMII ini merupakan suatu gerakan yang dibangun oleh kami sebagai sarana mempertemukan gagasan-gagasan besar para leader bangsa Indonesia hari ini dan pemimpin Indonesia masa depan di tengah tantangan bonus demografi,” kata Panji, dalam keterangan Jum’at (3/11/2023).

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa Indonesia diproyeksikan akan menghadapi puncak bonus demografi pada tahun 2035, dan kehadiran pemuda serta kolaborasi dengan berbagai pihak di era pentahelix menjadi kunci dalam percepatan transformasi ekonomi, sosial, dan ketenagakerjaan.

Baca juga: PB PMII Soroti Kampanye Ilegal dan Dana Kampanye Gelap Menuju Pemilu 2024

Selain itu, PB PMII mendesak agar pemuda ditempatkan sebagai subjek yang aktif dalam pembangunan bangsa, sehingga mereka dapat berperan langsung dalam menciptakan perubahan positif.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengatasi isu-isu penting dalam sektor ketenagakerjaan, termasuk peluang kerja di dalam dan di luar negeri, terutama untuk tenaga kerja muda Indonesia.

“Pemuda Indonesia pada hari ini tentu khawatir dengan tantangan nyata seperti angka pengangguran yang makin meningkat, sementara peluang kerja dan kesempatan kerja sangat terbatas. Problem utamannya bagi kami, karena informasi seperti peluang tenaga kerja ini belum tersampaikan secara baik oleh pemerintah terutama kepada generasi Muda Indonesia termasuk PMII bagian terpenting di dalamnya,” jelas Panji.

Diketahui Leader Talk Summit, akan dihadiri narasumber dari berbagai latar belakang, termasuk perwakilan dari Kementerian Ketenagakerjaan, Lisa Yulia Founder & President Director PT Pelayaran Kencana Global, Syaefuddin Ahrom – Al Ayubbi, Sekretaris Jenderal Sarbumusi, dan Tauvik Muhamad (Koordinator Proyek ILO RISSC).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar