Gara-gara ini, Putra Presiden Kolombia Ditangkap

Penangkapan Nicolas Petro oleh Kantor Jaksa Agung

Kolombia – Putra Presiden Kolombia, Nicolas Petro, ditangkap oleh kantor jaksa agung atas kasus pencucian uang dan korupsi pada Sabtu, (29/7/2023).

Nicolas, yang juga seorang politisi di provinsi Atlantico, sebelumnya membantah tuduhan bahwa dia menerima uang dari pengedar narkoba sebagai imbalan untuk membantu upaya perdamaian ayahnya.

Tak hanya itu, Mantan istri Nicolas, Daysuris del Carmen Vasquez, juga ditangkap atas tuduhan pencucian uang dan pelanggaran data pribadi.

Dia sebelumnya mengungkapkan kepada media lokal bahwa dua orang yang dituduh terlibat dalam perdagangan narkoba memberikan uang kepada Nicolas untuk kampanye ayahnya.

Reaksi Presiden terhadap Penangkapan Putranya

Presiden Kolombia, Gustavo Petro, merespons penangkapan putranya di platform X dengan menyatakan bahwa dia terpukul. Namun, dia menegaskan tidak akan mengintervensi atau menekan keputusan hukum terkait kasus tersebut.

“Untuk anak saya doakan keberuntungan dan kekuatan. Semoga kejadian ini menempa karakternya dan semoga dia merenungkan kesalahannya sendiri,” ujar Presiden.

Baca juga: Pengamat Maritim Kecam Jepang Buang Limbah Nuklir ke Laut

“Seperti yang saya tegaskan kepada jaksa agung, saya tidak akan mengintervensi atau menekan keputusannya, semoga hukum dengan bebas memandu prosesnya,” tambahnya.

Janji Presiden dalam Mencari Kesepakatan Damai

Presiden telah berjanji untuk mencari kesepakatan damai atau menyerah dengan pemberontak dan kelompok kejahatan untuk mengakhiri konflik internal di Kolombia yang sudah berlangsung selama 60 tahun dan menewaskan 450.000 orang.

Upaya Negosiasi dengan Kelompok Gerilya

Petro berhasil melakukan negosiasi dengan kelompok gerilya Tentara Pembebasan Nasional (ELN), yang akan mengalami gencatan senjata mulai bulan Agustus. Namun, upaya untuk berbicara dengan geng kejahatan besar Clan del Golfo mengalami hambatan karena terus berlanjutnya kekerasan.

Kritik atas Undang-Undang Penyerahan Kelompok Kejahatan

Sebuah undang-undang yang diusulkan untuk mengatur penyerahan kelompok kejahatan dan memberikan hukuman yang lebih ringan sebagai imbalan atas informasi dan pekerjaan restoratif, mendapatkan kritik keras termasuk dari jaksa agung.

Tuntutan Kantor Jaksa Agung

Kantor jaksa agung akan meminta hakim agar Nicolas dan Vasquez ditahan atas dakwaan pencucian uang dan pelanggaran data pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar