Garuda Indonesia Raih Pendapatan 48,32% di Kuartal III-2023

Jakarta – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia berhasil mencapai pertumbuhan bisnis yang sangat positif pada Kuartal III-2023, pendapatan perusahaan meningkat sebesar 48,32% menjadi US$2.233,25 juta dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Peningkatan ini menandai keberhasilan Garuda Indonesia dalam menjaga pertumbuhan positif pendapatan sepanjang tahun 2023, dengan pertumbuhan pendapatan hingga Kuartal III-2023 mencapai 60% lebih tinggi dibandingkan dengan Kuartal II-2023.

Menurut Laporan Keuangan Konsolidasian Garuda Indonesia di Kuartal III-2023, pertumbuhan pendapatan tersebut didorong oleh pendapatan dari penerbangan berjadwal yang meningkat 49,02% year-on-year (YoY) menjadi US$1,72 miliar, penerbangan tidak berjadwal dengan pendapatan US$274,25 juta, dan pendapatan lainnya mencapai US$234,91 juta.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan bahwa setelah menyelesaikan restrukturisasi utang pada akhir 2022, perusahaan terus melakukan langkah-langkah perbaikan kinerja.

“Menjelang akhir tahun 2023, kami optimistis fundamental kinerja usaha yang semakin solid pasca-restrukturisasi akan terus berlangsung on the track. Di tengah fase pemulihan sektor aviasi pasca-pandemi, tentunya kami menyadari bahwa langkah pemulihan kinerja perlu dilakukan secara prudent dengan memperhatikan shifting behavior masyarakat dalam bermobilisasi usai pandemi dinyatakan berakhir. Selain itu, isu supply chain di tengah gerakan masif restorasi armada berbagai maskapai global menjadi salah satu tantangan tersendiri dalam upaya kami memaksimalkan ketersediaan alat produksi,” kata Irfan, dalam keterangan resmi yang diterima Ruangbicara, Rabu (1/11/2023).

Perusahaan juga berfokus pada peningkatan kapasitas produksi dan jaringan penerbangan. Dalam Kuartal III-2023, Garuda Indonesia berhasil meningkatkan frekuensi penerbangan di berbagai rute.

“Melalui optimalisasi jaringan penerbangan tersebut, Garuda Indonesia berhasil mencatatkan peningkatan rata-rata trafik penerbangan mencapai 5 ribuan penerbangan per bulan pada kuartal 3 tahun ini. Hal tersebut turut tercermin dalam tingkat utilisasi armada sebesar 9:12 per hari pada periode September 2023 untuk keseluruhan operasional penerbangan,” jelas Irfan.

Selain itu, Garuda Indonesia mencatat pertumbuhan angkutan penumpang sebesar 36,05% hingga September 2023, dengan pertumbuhan yang signifikan pada penerbangan domestik dan internasional.

Baca juga: Garuda Indonesia Resmi Operasikan Penerbangan Komersial

Tingkat keterisian pesawat (Seat Load Factor) juga meningkat, mencapai 71,02%, dan tingkat ketepatan waktu penerbangan (On Time Performance/OTP) tetap tinggi di 87,8%.

Perusahaan juga mencatat peningkatan angkutan kargo sebesar 14,17% pada Kuartal III-2023 dan melakukan uji coba pengoperasian pesawat kargo narrow body untuk mengembangkan pasar kargo.

Meskipun kinerja operasionalnya membaik, Garuda Indonesia mencatat rugi bersih sebesar US$72,07 juta pada Kuartal III-2023.

Garuda Indonesia tetap optimis dengan pertumbuhan dinamis di industri penerbangan global pasca-pandemi dan berencana untuk terus meningkatkan kinerja operasional dan menjawab tren yang ada.

Terakhir, ia menjelaskan perusahaan juga berkomitmen untuk mengoptimalkan langkah-langkah perbaikan kinerja melalui berbagai inisiatif strategis.

“Dengan nature bisnis industri penerbangan yang sangat kompetitif khususnya dari aspek net profit margin, tentunya kami memahami langkah perbaikan kinerja harus terus dioptimalkan. Hal tersebut yang kedepannya kami akan terus akselerasikan melalui berbagai inisiatif strategis seperti optimalisasi segmentasi pangsa pasar Low Cost Carrier bersama anak usaha Citilink, pengembangan potensi ancillary revenue pada berbagai touch point layanan penerbangan, restrukturisasi rute penerbangans secara berkelanjutan, hingga kolaborasi strategis bersama berbagai stakeholder bisnis penerbangan dalam meningkatkan value bisnis Perusahaan sebagai salah satu ekosistem group penerbangan terbesar di Indonesia,” tutup Irfan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar