Garuda Indonesia Siap Angkut 109 Ribu Calon Jemaah Haji dengan 14 Armada Wide Body

Jakarta – Maskapai nasional Garuda Indonesia telah mempersiapkan diri untuk melayani calon jemaah haji asal Indonesia pada musim Haji 1445 H/2024 M. Dalam rangka ini, mereka menyiapkan 14 armada pesawat berbadan lebar (wide-body).

Persiapan Khusus

Keempat belas armada tersebut akan melayani calon Jemaah Haji dari dan menuju Tanah Suci mulai tanggal 12 Mei – 21 Juli 2024. Garuda Indonesia mendapatkan kepercayaan untuk mengangkut 109.072 calon jemaah.

Kesiapan operasional penerbangan haji ditandai dengan penandatanganan perjanjian Kerja Sama Pengangkutan Udara Jemaah Haji oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Hilman Latief pada Kamis 22 Februari 2024.

Komitmen Garuda Indonesia

Irfan Setiaputra mengatakan bahwa sebagai national flag carrier, Garuda Indonesia berkomitmen untuk menyediakan layanan penerbangan haji yang aman dan nyaman.

“Adapun komitmen tersebut salah satunya kami wujudkan dengan memastikan ketersediaan 14 armada berbadan lebar, di antaranya A330-300 dan B777-300ER, yang kami pastikan sesuai dengan standar pelayanan transportasi haji,” ujar Irfan dalam keterangan resminya, Jumat (23/2/2024).

Pada tahun 2024, Garuda Indonesia akan melayani calon jemaah haji dalam 294 kelompok terbang (kloter) dari 9 embarkasi di Indonesia. Mereka akan diberangkatkan secara bertahap mulai 12 Mei hingga 10 Juni 2024.

Selain itu, untuk meningkatkan nilai layanan, maskapai ini akan menyajikan inflight entertainment bernuansa Islami dan menu makanan khas daerah embarkasi.

Baca juga: Garuda Indonesia dan The Pokémon Company Resmi Operasikan “Livery Pikachu Jet GA-1”

Apresiasi dari Kementerian Agama

Hilman Latief, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, mengapresiasi Garuda Indonesia atas implementasi komitmen bersama untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh Jemaah Haji Indonesia.

Dia juga menyoroti pentingnya layanan ramah lansia, terutama dengan pertambahan jumlah calon jemaah lansia yang diperkirakan mencapai lebih dari 45.000 pada tahun 2024.

“Kami tentunya berharap kiranya pelaksanaan Haji tahun 2024 ini dapat berjalan dengan lancar,” kata Hilman.

Irfan menegaskan bahwa fokus utama Garuda Indonesia adalah menghadirkan layanan penerbangan haji yang aman dan nyaman, terutama bagi jemaah lansia dan mereka yang jarang atau belum pernah melakukan penerbangan jarak jauh.

Dalam upaya ini, mereka juga bekerja sama dengan imigrasi Saudi Arabia untuk meluncurkan layanan fast track keimigrasian di dua kota, termasuk Solo.

Baca juga: BSI Gandeng Garuda Indonesia Hadirkan Nilai Tambah Layanan Haji Indonesia

Harapan untuk Pelaksanaan Haji 2024

Terakhir, Irfan menyampaikan harapannya bahwa pelaksanaan Haji tahun 2024 dapat berjalan lancar.

Sebagai negara dengan umat muslim terbesar di Indonesia, Garuda Indonesia berkomitmen untuk memastikan service excellence dari sebelum penerbangan hingga setelah penerbangan dengan berkoordinasi intensif bersama berbagai pemangku kepentingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *