Gelar Gathering, APPI Dorong Kemajuan Industri Listrik Indonesia

Bogor – Sebuah momen penting menjadi saksi atas diselenggarakannya acara Gathering dan perkenalan pengurus baru Asosiasi Produsen Perlengkapan Listrik Indonesia (APPI) periode 2023-2027 di Kinasih Resort, Bogor pada Sabtu, (23/9/2023).

Komitmen Kuat dari Ketua Umum APPI

Ketua Umum APPI, Yohanes Purnawan Widjaja, penuh semangat sambut tamu, dan menjelaskan acara ini sebagai langkah awal memajukan produk dalam negeri.

“Kami memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) pada produk kami dan berinovasi. Kami ingin melihat industri dalam negeri tumbuh dan berkontribusi pada penghematan devisa negara,” kata Yohanes dalam sambutannya, Sabtu (23/9/2023).

Lebih lanjut, ia juga menegaskan bahwa APPI bukan hanya sekadar perkumpulan biasa. Mereka berkomitmen untuk menjadi pemimpin di dalam negeri dalam industri perlengkapan kelistrikan.

Memverifikasi Anggota Baru APPI

Selain fokus pada peningkatan TKDN, APPI memastikan kemampuan produksi dan infrastruktur anggota baru, menjaga standar tinggi dalam industri perlengkapan listrik Indonesia.

“Dalam era globalisasi dan persaingan yang semakin ketat, kualitas produk dan inovasi adalah kunci kesuksesan. APPI dengan yakin menyatakan bahwa produk-produk lokal memiliki kapabilitas untuk memenuhi standar tinggi yang dibutuhkan di pasar internasional,” jelas dia.

Baca juga: Konvoi Kendaraan Listrik Spektakuler Bersama Menteri PPPA dalam acara IEMS 2023

Kerja Sama dengan Asosiasi Luar Negeri

Selain itu, APPI juga aktif dalam pameran, seminar, FGD, business gathering, dan telah berkerja sama dengan asosiasi luar negeri seperti Korea Selatan, India, dan Thailand.

“Melalui kerja sama ini, kami mendorong produk dalam negeri agar bisa bersaing di pasar global. Kami berkomitmen untuk memperluas kerja sama ini ke berbagai negara di masa depan,” terang Yohanes.

Mendukung Inovasi dan Pelatihan SDM

APPI juga fokus pada inovasi dan pelatihan SDM untuk memimpin industri listrik global dengan sinergi dan posisi yang lebih baik.

Lebih lanjut, Pandi, Executive Vice President Manajemen Rantai Pasok, soroti 71% MDU untuk PLN sebagai dukungan infrastruktur kelistrikan nasional.

“Ini adalah pencapaian yang patut diapresiasi karena mencerminkan komitmen APPI untuk mendukung infrastruktur kelistrikan nasional,” ujarnya.

Peran Aktif dalam Pertumbuhan Industri Dalam Negeri

Ketua Pelaksana Gathering APPI 2023, Riza Juliansyah, menambahkan bahwa dalam acara ini, APPI mengundang 116 produsen peralatan listrik sebagai anggota. Hal ini merupakan langkah penting karena 100 persen anggota APPI memiliki pabrik di Indonesia.

“APPI bukan hanya pemain dalam industri, tetapi juga pemimpin yang aktif berkontribusi pada pertumbuhan industri dalam negeri dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *