Gelar Pelatihan PKU ‘Mba Maya’, PNM Dorong UMKM Naik Kelas

Pelatihan PKU 'Mba Maya' untuk 1.000 Ibu-ibu Nasabah PNM Mekaar di Serang

Serang – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Serang terus berkomitmen untuk memperkuat kapabilitas para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menggelar pelatihan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yang dikenal sebagai ‘Mba Maya’.

Pelatihan ini diikuti oleh 1.000 ibu-ibu nasabah PNM Mekaar di Kota Serang, Banten. Kegiatan berlangsung mulai dari tanggal 8 hingga 15 Agustus, memberikan dorongan signifikan bagi pertumbuhan ekonomi lokal.

Sinergi PNM dan BRI dalam Mendorong Pertumbuhan UMKM

Dalam tekadnya untuk mendukung kemajuan UMKM, PNM menjalin kerja sama erat dengan Pemerintah Daerah dan BRI dalam menyelenggarakan pelatihan ini.

Kolaborasi ini menjadi bukti nyata dari sinergi kuat yang telah terbina dalam Holding Ultra Mikro sejak akhir tahun 2021.

Langkah ini tidak hanya memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM, tetapi juga mendukung visi pengembangan ekonomi daerah.

Komitmen PNM untuk Kemajuan UMKM Melalui Pelatihan Berkala

Nanang Komarudin, Pemimpin Cabang PNM Serang, menjelaskan bahwa kegiatan seperti ‘Mba Maya’ telah menjadi agenda rutin.

“Giat Mba Maya ini selalu kami lakukan secara berkala di sebaran 62 Kantor Cabang PNM, 3.848 Kantor Layanan PNM Mekaar yang tersebar di 35 Provinsi. Kadang kami kumpulkan para ketua kelompok nasabah, atau langsung dengan nasabahnya,” kata Nanang dalam keterangan yang diterima, Selasa (15/8/2023).

Hal ini menunjukkan keseriusan PNM dalam memberikan pendampingan dan pelatihan berkelanjutan kepada para pelaku UMKM.

Transformasi UMKM melalui Pencatatan Keuangan dan Literasi Digital

Dalam tema “Pencatatan Keuangan, Program Menabung, dan Digi Nasabah,” PNM telah mengambil langkah konkret untuk mendorong transformasi UMKM, terutama nasabah PNM, dalam dunia digital.

Mereka menyadari bahwa memberikan modal finansial saja tidaklah cukup untuk mencapai kesejahteraan. Oleh karena itu, PNM juga memberikan pelatihan literasi digital kepada para nasabah, membantu mereka mengerti dan memanfaatkan teknologi dalam mengelola usaha.

Pelatihan Literasi Digital dan Keberlanjutan Melalui PNM Digi Nasabah

Melalui program ‘Mba Maya’, PNM berupaya memberikan pelatihan literasi digital yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik para nasabah.

Baca juga: Menteri Koperasi Apresiasi Pelaku UMKM dalam Perayaan Hari UMKM Nasional 2023

Tidak hanya itu, PNM juga menghadirkan solusi nyata melalui PNM Digi Nasabah, sebuah aplikasi yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi online seperti pinjaman dan pembayaran pulsa, listrik, dan wifi. Langkah ini mendukung transformasi digital UMKM dan meningkatkan aksesibilitas dalam berbisnis.

Mendorong UMKM Go-Digital untuk Masyarakat yang Lebih Maju

Nanang berpendapat bahwa meskipun masih ada tantangan dalam mengajak ibu-ibu nasabah untuk beralih ke dunia digital, semangat dan potensi yang dimiliki oleh para pelaku UMKM membuat PNM optimistis.

“Tugas kami masih panjang dalam mengawal ibu-ibu ini go-digital, tetapi potensi dan kemauan mereka ini yang semakin membuat kami optimis. Tidak sedikit kelompok yang sudah mulai berdagang dari WA,” ungkapnya.

Meskipun belum setara dengan platform e-commerce, para pelaku UMKM telah memperlihatkan adaptasi teknologi dalam kegiatan bisnis mereka.

Mengawal Kesejahteraan melalui Komitmen PNM

Dengan berbagai upaya seperti pelatihan ‘Mba Maya’, PNM secara konsisten menunjukkan komitmennya dalam mendorong kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui sektor UMKM.

Dengan adanya kolaborasi, pelatihan, dan penerapan solusi digital, PNM memberikan dampak positif yang kuat dalam memajukan para pelaku UMKM.

PNM Juga, terus mendorong transformasi dan peningkatan kapabilitas serta ikut berperan dalam menciptakan ekosistem bisnis yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar