Gempa Bumi Mengguncang Maroko Tengah: Lebih dari 820 Orang Tewas dan 600 Terluka

Maroko, 9 September 2023 – Gempa bumi dahsyat berkekuatan 6,8 SR mengguncang Maroko tengah, menewaskan sedikitnya 820 orang dan melukai lebih dari 600 lainnya, menurut laporan Kementerian Dalam Negeri Maroko. Pusat gempa terletak di Pegunungan Atlas Tinggi, 71 km sebelah barat daya Marrakesh, dengan kedalaman 18,5 km, berdasarkan data Survei Geologi AS.

Dampak Gempa pada Waktu dan Wilayah

Gempa terjadi pada Jumat (08/09) pukul 23:11 waktu setempat (Sabtu, 9 September, pukul 05:11 WIB). Hanya 19 menit kemudian, gempa susulan berkekuatan 4,9 mengguncang daerah tersebut.

Banyak korban tewas tercatat di Marrakesh dan sejumlah daerah di selatan, terutama di provinsi dan kotamadya al-Haouz, Marrakesh, Ouarzazate, Azilal, Chichaoua, dan Taroudant. Beberapa korban diduga berada di daerah terpencil.

Evakuasi dan Bantuan Darurat

Warga diingatkan untuk tidak kembali ke rumah mereka karena kemungkinan adanya gempa susulan. Sejumlah rumah sakit di Marrakesh mencatat banyak orang terluka, dan pihak berwenang mendesak warga untuk mendonorkan darah mereka.

Baca Juga: BNPB Siapkan Ketangguhan Masyarakat Hadapi Bencana

Kerusakan Bangunan dan Situs Bersejarah

Beberapa bangunan dilaporkan roboh, sementara klip video menunjukkan struktur yang ambruk, meskipun belum teridentifikasi di mana kejadian tersebut terjadi. Debu terlihat mengelilingi menara masjid bersejarah Kutubiyya di Marrakesh, sebuah objek wisata utama yang terletak di dekat alun-alun utama kota tua.

Pemerintah Maroko sedang berupaya melakukan evakuasi dan memberikan bantuan darurat kepada korban. Situasi terus dipantau untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan warga terdampak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar