Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Lebak Selatan, BPBD Pastikan Tidak Ada Kerusakan

LebakGempa bumi dengan magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Lebak Selatan, khususnya Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Kejadian ini tercatat pada Kamis, 14 Desember 2023, pukul 14.27 WIB, dan menimbulkan kepanikan di kalangan warga setempat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Febby Rizki Pratama, memastikan bahwa meskipun getaran gempa dirasakan cukup kuat, tidak ada laporan kerusakan yang terjadi.

“Sejauh kami pastikan tak ada kerusakan, untuk relawan saat ini masih melakukan pemantauan di lapangan untuk memastikan keadaan disana,” katanya kepada wartawan, dikutip Jum’at (15/12/2023).

Gempa tersebut, yang berasal dari Samudra Hindia dengan kedalaman 29 km Barat Daya Bayah, menyebabkan warga di sejumlah kecamatan, termasuk Bayah, Malingping, dan sekitarnya, keluar dari rumah dengan cepat.

Baca juga: BPBD Lebak: TPS Pemilu 2024 Rentan Banjir dan Longsor

“Jadi gempa ini adanya di laut, apakah itu bangkit karena sesar, kemungkinan itu Sesar Cimandiri tetapi untuk data pastinya belum ada,” jelas Febby.

“Gempanya cukup dangkal, kamis sudah menghitung gempa tersebut terasa hingga di sepuluh kecamatan di Kabupaten Lebak. Walaupun memang variasi kekuatannya mulai dari 2 MMI dan sekitar Kecamatan Banjarsari dan Pangarangan itu terasa hingga 4 MMI,” tambahnya.

Saat ini, BPBD Kabupaten Lebak sedang melakukan inventarisasi dampak gempa. Tim relawan BPBD aktif memantau keadaan di lapangan untuk memastikan kesejahteraan masyarakat setempat.

Hingga saat ini, tidak ada laporan korban terkait gempa ini, karena guncangannya mayoritas terasa di wilayah Lebak Selatan, sementara wilayah Rangkasbitung tidak mengalami dampak signifikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *