Gus Yusuf Ungkap Cak Imin Tolak Permintaan Jokowi untuk Dukung Prabowo-Erick

Jakarta – Sebelum menjadi pasangan cawapres Anies Baswedan dan berlabuh ke koalisi perubahan, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Ketua Umum DPP PKB, pernah menolak permintaan Presiden Jokowi untuk mendukung Prabowo dan Erick Thohir.

KH Muhammad Yusuf Chudroli atau Gus Yusuf, yang mendampingi Cak Imin, mengungkapkan peristiwa tersebut dalam sebuah video ceramahnya yang diunggah di akun @kawalimin pada Kamis (14/9/2023).

Dalam video tersebut, Gus Yusuf menceritakan bahwa saat mengunjungi Istana, Jokowi menawarkan Prabowo-Erick sebagai pasangan capres dan cawapres dalam Pilpres 2024 kepada Cak Imin. Jokowi meminta PKB untuk mendukung pasangan tersebut.

Baca juga: SMRC: Dukungan Anies-Cak Imin 16,5 Persen Lebih Rendah dari Ganjar-Prabowo

Namun, Cak Imin merespons dengan bertanya, “Cak Imin terus nyawang kulo, sampeyan piye Gus?” yang artinya, “Cak Imin lantas menoleh kepada saya, bagaimana menurutmu, Gus?”

Gus Yusuf kemudian menjelaskan bahwa PKB memiliki keberatan mendukung Prabowo-Erick karena keduanya tidak memiliki keterkaitan dengan NU (Nahdlatul Ulama). Gus Yusuf menyampaikan alasan tersebut kepada Jokowi, yang menanyakan alasannya.

“nyuwun sewu bapak kalau PKB diminta dukung Prabowo Erik jujur kita keberatan,” ujar Gus Yusuf dikutip Jum’at, (15/9/2023).

“Ya karena kedua-duanya tidak ada irisan NU-nya. Kyai-kyai di bawah akan kelu le kampanye pripun pak. Saya sampaikan terbuka waktu itu intinya kita nolaklah,” jelas dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *