Herman Darnel Ibrahim: Dua Misi dalam Satu Aksi

RUANGBICARA.co.id – Profesional, komitmen, dan berbeda. Tiga kata ini cukup untuk menggambarkan siapa sosok yang satu ini. Dr. Ir.Herman Darnel Ibrahim, M.Sc, begitu nama lengkapnya. Di kalangan sejawatnya ia lebih akrab dipanggil dengan sebutan Bang HDI (singkatan dari namanya). Dengan segala keilmuannya, dia adalah teknokrat tulen. Bidang energi dan kelistrikan di Indonesia, HDI adalah pakarnya.

Namun jika bedah lebih jauh, dalam diri pria kelahiran Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, ini justru mengalir pula darah politik yang kental. Karena sejatinya ia juga seorang politikus. Tahun 2019, HDI pernah dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Jadi tidaklah mengherankan jika ia memiliki perhatian terhadap pembangunan negeri ini.

PKB Meminang HDI Jadi Caleg DPR RI 

Jelang Pemilu 2024, radar Partai Kebangsaan Bangsa (PKB) mengarah pada sosok HDI dan meminangnya untuk menjadi Calon Legislatif RI dari Dapil II (daerah pemilihan) Provinsi Sumatera Barat. Tawaran yang sulit untuk ditampiknya. Karena HDI memiliki naluri sebagai politisi sekaligus membangun negeri lewat jalur parlemen.

“Dalam kehidupan itu terkadang kita dituntut untuk berperan dalam upaya mewujudkan cita-cita kemerdekaan yang adil dan makmur. Saya ingin jadi bagian dalam keputusan-keputusan politik untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur itu,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Direktur Transmisi dan Distribusi PT PLN dan Direktur PT Indonesia Power ini.

Jabatan mentereng dan posisi mapan saat ini rupanya tak menjadikannya lupa pada kampung halamannya. Bahkan ia memiliki niat luhur untuk mengembangkan ekonomi dan pariwisata di Dapil II, Sumatera Barat, yang meliputi Kabupaten Agam, Kab. Lima Puluh Kota, Kab. Padang Pariaman, Kab. Pasaman, Kab. Pasaman Barat, Kota Bukittinggi, Kota Pariaman, dan Kota Payakumbuh.

“Saya terpanggil untuk mengembangkan wilayah daerah pemilihan saya yang terdiri dari lima kabupaten dan tiga kotamadya itu. Dan peluang untuk mengambil peran itu, ada jika saya menjadi legislatif,” kata Herman yang saat ini tercatat sebagai anggota Dewan Energi Nasional (DEN).

Belum ada putra Lima Puluh Kota terpilih sebagai anggota DPR

Diakui bahwa sejak reformasi sudah lima kali Pemilu, belum ada putra Kabupaten Lima Puluh Kota, Payakumbuh yang terpilih langsung sebagai anggota DPR RI di Dapil kabupaten tersebut yaitu Dapil II Sumbar.

“Kalau pun ada itu baru PAW (pergantian antar waktu),” tegasnya.

Menurut HDI, sebenarnya dari Dapil II itu tersedia enam kursi legislatif, namun belum ada satu pun dari Kabupaten Lima Puluh Kota dan dari PKB yang memenangkan kompetisi legislatif di Dapil II Sumatera Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar