IDI Ancam Lakukan Mogok Nasional, Jika RUU Kesehatan Disahkan

JakartaRUU Kesehatan Omnibus Law menuai pro-kontra di kalangan masyarakat, khususnya organisasi profesi. Mereka menganggap RUU ini tidak sesuai dengan norma-norma dan akan menghilangkan peranan organisasi profesi.

Terdapat lima organisasi profesi yang menentang disahkannya RUU ini yakni: Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATLMI), Persatuan Apoteker Indonesia (PAI), dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).

Kelima organisasi profesi ini mengancam akan melakukan mogok nasional dan mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi, jika DPR tetap mengesahkan RUU Kesehatan tersebut.

Baca juga: Tips Hindari Kolesterol Tinggi Selama Idul Adha

Saat ini RUU Kesehatan masuk dalam pembahasan paripurna tingkat dua di DPR. Dari seluruh fraksi sepakat untuk melanjutkan pembahasan dan mengesahkannya. Hanya ada dua fraksi yang menolak, yaitu PKS dan Demokrat.

“Apabila ini nanti berlanjut sampai kepada tingkat dua dan disahkan maka kami pun juga akan menyiapkan proses judicial review di Mahkamah Konstitusi,” kata dr Adib Khumaidi SpOT Ketua Umum IDI pada Senin, (19/6/2023).

Ia juga membantah, tak hanya menyoroti soal kewenangan organisasi profesi. Dirinya juga menyoroti pasal yang dihapus seperti mandatory spending yang patut dipertanyakan. Ia kemudian menilai pemerintah tidak memprioritaskan anggaran kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar