InaRI Expo 2023: Kolaborasi Riset dan Inovasi Bersama Industri

Jakarta – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar Indonesia Research and Innovation Expo (InaRI Expo) setiap tahun, yang kini semakin populer. Acara tersebut menarik 10.000 pengunjung tahun lalu, menciptakan peluang kolaborasi antara penelitian, inovasi, dan industri.

Pentingnya Kolaborasi untuk Pertumbuhan

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko, menyoroti pentingnya InaRI Expo dalam mendorong pertumbuhan Indonesia melalui inovasi. Dia mengatakan hal ini dalam acara Road to InaRI Expo 2023.

“Semangat kolaborasi ini diharapkan akan dapat memacu dan mendorong pertumbuhan Indonesia melalui pemanfaatan inovasi dan teknologi pada berbagai sektor pembangunan,” ucapnya.

Integrasi dengan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2023

InaRI Expo 2023 akan lebih istimewa karena akan menggabungkan sejumlah acara besar, termasuk Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2023. Laksana Tri Handoko menekankan hal ini.

“InaRI Expo 2023 akan mengintegrasikan sejumlah event besar, seperti Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2023, Indonesia Research and Innovation Fair (IRIF), dan Halal Tech Expo 2023, dan lainnya,” tambah laksana.

Target Pengunjung

Project Manager InaRI Expo 2023, Damar Rusli, berambisi menarik 15.000 pengunjung. Dia menganggap kolaborasi antarlembaga, termasuk pemerintah dan sektor swasta, sangat penting.

“Kami beranggapan bahwa untuk membangun Indonesia yang lebih maju, dibutuhkan kolaborasi yang apik antarlembaga, dalam hal ini Pemerintahan dan sektor swasta,” kata Damar.

Baca juga: IEMS 2023: Pameran Kendaraan Listrik yang Siap Hebohkan Pecinta Otomotif di Indonesia

Talkshow “Membangun Kolaborasi untuk Masa Depan Indonesia”

Talkshow Road to InaRI Expo 2023 akan menghadirkan narasumber dari BRIN, InaRI, APRSAF-29, dan IEMS 2023. Tujuannya adalah membangun kolaborasi yang kuat antara BRIN dan industri.

“Oleh karenanya, untuk mengetahui kesiapan dan seperti apa nantinya InaRI Expo digelar, kami menghadirkan Talkshow Road to InaRI Expo 2023, pada hari ini, yang bertajuk: ‘Membangun Kolaborasi untuk Masa Depan Indonesia’, yang akan menghadirkan narasumber dari Kedeputian BRIN, InaRI, APRSAF-29, dan IEMS 2023. Kolaborasi BRIN dan Industri atau sebaliknya kerja sama industri dengan BRIN akan menjadi modal kuat untuk mewujudkan itu. Dan kami percaya itu,” ungkap Rusli.

Peran IEMS 2023 dalam Percepatan Kendaraan Listrik

Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2023 adalah pameran kendaraan listrik berbasis baterai yang telah sukses digelar sebelumnya. Pada tahun 2023, IEMS akan mengusung tema “Advance Technology Energy Storage for Electric Vehicle.”

Dukungan Luas untuk Kemajuan Kendaraan Listrik

Ketua Pelaksana IEMS 2023, Irwan Rahman, menyatakan bahwa acara ini mendapat dukungan luas dari BRIN, perusahaan, dan produsen kendaraan listrik. Tujuannya adalah memajukan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

“IEMS 2023 merupakan bentuk dukungan bersama dari BRIN, perusahaan, pemangku kepentingan, serta produsen kendaraan listrikdan komponennya untuk mendorong perkembangan dan inovasi tentang kendaraan listrik di Indonesia. Pelaksanaan IEMS 2023 akan menggelar berbagai kegiatan diantaranya exhibition, seminar, product presentation, test drive dan test ride kendaraan listrik,” kata Irwan Rahman, Ketua Pelaksana IEMS 2023 dalam keterangan, Rabu (30/8/2023).

Dampak Positif bagi Masyarakat dan Negara

IEMS 2023 menjadi platform bagi industri kendaraan listrik untuk berbagi inovasi dan teknologi dengan masyarakat, dengan harapan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan negara.

Konsep Pameran IEMS 2023

IEMS 2023 akan berlokasi di Hall KST Soekarno, Cibinong, Bogor, dengan konsep pameran indoor-outdoor. Acara ini akan terintegrasi dengan InaRI Expo 2023, dimanfaatkan sepenuhnya fasilitas BRIN di KST Soekarno, Cibinong, untuk mendukung keberhasilannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar