Inggris (Harusnya) Memiliki Semua Syarat untuk Menang

RUANGBICARA.co.id – Duel Belanda vs Inggris dini hari nanti (11/7) seolah mempertontonkan dua kiblat sepakbola Eropa. Belanda dikenal sebagai penghasil pemain-pemain berbakat. Sementara Inggris menjadi tempatnya pemain hebat berkompetisi.

Di kancah sepakbola internasional, secara prestasi keduanya relatif sama kuatnya. Inggris pernah juara piala dunia di tahun 1966 saat menjadi tuan rumah. Sementara Belanda, pernah juara Piala Eropa tahun 1988 di Jerman Barat.

BACA JUGA : Argentina Tatap Final Ke-30

Pasukan The Oranje tentu memiliki misi mengulang sukses seniornya yang sukses menjadi juara Eropa 1988. Bahkan saat itu, pelatih Belanda Ronald Koeman, terlibat sebagai pemain yang ikut membawa The Oranje kampiun Eropa saat itu setelah di final mengalahkan Uni Soviet 2-0.

Belanda punya modal kuat untuk menjungkalkan Pasukan The Three Lions, Inggris, di semifinal yang akan digelar di Westfalenstadion, Dortmund, Jerman. Sempat diragukan kemampuannya karena hanya menjadi peringkat ketiga terbaik dalam penyisihan grup, The Oranjeakhirnya membuktikan kualitasnya hingga mampu maju ke semifinal.

Kepercayaan Cody Gakpo dkk juga sedang tinggi-tingginya pasca mengalahkan dua kuda hitam Rumania (di perdelapanfinal) dan Turki (di perempatfinal). Kepercayaan diri inilah yang dibawa anak asuh Ronald Koeman sebelum menginjak rumput Westfalenstadion.

Sementara Inggris tampil dengan materi yang mewah. Dari sektor belakang hingga lini serang, pasukan Gareth Southgate benar-benar dimanjakan dengan stok pemain yang ada. Jika tak berlebihan, sebenarnya Inggris bisa bermain dengan dua tim yang relatif sama kuatnya.

Berbeda dengan Belanda yang terus menanjak performanya, Inggris justru cenderung stagnan. Bahkan pada laga melawan Slovakia (Perdelapanfinal) dan Swiss (di perempatfinal), Harry Kanne cs harus tertinggal lebih dulu sebelum akhirnya menang lewat adu penalti saat jumpa Swiss.

BACA JUGA : Spanyol Lolos ke Final Euro 2024, Prancis Tersingkir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *