ITPLN Gelar Seminar, Bahas Peran Gas dan Energi Alternatif

Jakarta – Program Studi Bisnis Energi (Kewirausahaan) Institut Teknologi PLN (ITPLN) menyelenggarakan seminar Bisnis Energi dengan fokus pada tema “Pemanfaatan Gas dalam Proses Transisi Energi pada Thermal Power Plant.” Acara ini diadakan di Auditorium Pembangkit ITPLN dan disiarkan secara hybrid melalui kanal YouTube Sabtu, (15/7/2023).

Pengembangan energi baru sebagai lembaga pendidikan

Dalam pengantarannya, Drs. Prayudi, MM, MT, selaku dekan FTBE (Fakultas Teknik Bisnis Energi) ITPLN, menekankan peran institusi ini dalam mendukung pencapaian net zero emission serta pengembangan energi baru.

Seminar ini menampilkan tiga narasumber, yaitu I Putu Puja Astawa (Direktur Operasional dan Komersial PT Nusantara Regas), Ir. Maryono, ST, MMT, IPU, ASEAN Eng. (Senior Manager UP Muara Karang, PT Nusantara Power), dan Dr. Tri Wahyu Adi, CRGP. (Kepala Perwakilan Doosan Enerbility, Co. Ltd, sekaligus dosen program studi Bisnis Energi FTBE ITPLN).

Prof. Iwa menyoroti pentingnya gas sebagai solusi dalam transisi energi. Gas, meskipun sumber fosil, memiliki emisi lebih rendah dari energi lainnya.

Ir. Victor Assani, ST, S.Sos, MT, IPM, ASEAN Eng., sebagai moderator menyitir pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam EBTKE ConEx 2023, bahwa keberhasilan transformasi energi Indonesia bergantung pada peran aktif PLN dan seluruh stakeholder di bidang energi dalam melakukan transisi dan pengembangan energi terbarukan di Indonesia.

Baca juga: Hadir dalam World Water Forum, PLN Bicara Tata Kelola Berkelanjutan

I Putu Puja Astawa memberikan gambaran tentang PT Nusantara Regas

Selanjutnya, I Putu Puja Astawa memberikan gambaran tentang PT Nusantara Regas, perusahaan anak dari PT Pertamina dan PT Pertamina Gas Negara. PT Nusantara Regas adalah operator Floating Storage Regasification Unit (FSRU) pertama di Asia dengan kapasitas Regasification 500 MMscfd dan 3 Regas Trains. Penggunaan gas bumi dan LNG oleh PT Nusantara Regas berkontribusi nyata dalam mengurangi emisi karbon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar