Jembatan Gantung Putus, Warga Lebak Terjatuh Saat Melintas Rayakan Lebaran

Lebak — Viral video singkat menunjukkan sekelompok warga Lebak yang merayakan lebaran dan salat Idul Fitri, tiba-tiba terjatuh dari jembatan gantung Ciliman, Kampung Cigedang, Desa Lewi Ipuh, Kecamatan Banjarsari, pada Rabu, (10/4/2024).

Dalam video tersebut, puluhan warga terlihat berjalan di atas jembatan gantung yang putus akibat muatan berlebihan dan kondisi jembatan yang sudah tak layak.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama, menjelaskan bahwa kejadian bermula saat jembatan putus pada pukul 09.00 WIB, ketika puluhan warga melintasi jembatan tersebut secara berbarengan.

“Paska kejadian mengakibatkan 1 warga alami luka parah dan ada 20 korban jiwa mengalami luka ringan. Pada saat kejadian warga Kampung Cigedang yang akan  ziarah kubur melewati jembatan Cigedang lalu pada saat melewati seling jembatan putus,” kata Febby, Rabu (10/4/2024).

Febby menuturkan, korban telah dirawat di Puskesmas untuk perawatan lebih lanjut, sementara upaya peninjauan lokasi kejadian masih terus dilakukan.

BACA JUGA: Rencana Pembangunan Jembatan Terpanjang Dunia di Atas Selat Sunda

“Masih dalam tahap assessment dan berkoordinasi dengan pihak terkait. Hingga saat ini jembatan belum dapat dilalui, untuk 20 Korban jiwa masih dalam tahap pendataan,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Banjarsari Mahfud Basyir menyebutkan peristiwa tersebut dan yang melintas merupakan para remaja sambil merekam video.

“Itu jembatan kecil sebetulnya akses terdekat saja, jadi pada remaja ini melintas bersamaan sambil membuat video lalu jembatan putus. Mereka mau ziarah setelah selesai salat Idul Fitri,” tuturnya.

Ia menambahkan, masih ada akses yang lebih layak dan aman yang bisa dilintasi masyarakat saat ingin melintas yakni ke Desa Lewi Ipuh – Bendungan.

“Sudah ditangani oleh pembina desa, yang luka hanya luka di kaki saja,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *