JIS Bakal Direnovasi, PSSI Ungkap Komitmennya dengan FIFA

JakartaPSSI akan terus merenovasi Jakarta International Stadium (JIS), meski FIFA belum meninjau dan memvalidasi venue Piala Dunia U-17 2023. Ketua Umum PSSI Erick Tohir mengatakan pihaknya telah berkomitmen kepada FIFA untuk merenovasi 22 stadion di Indonesia, termasuk JIS.

Ia mengatakan, komitmen PSSI menjadi alasan melakukan pembenahan JIS jelang pemeriksaan FIFA. Erick mengatakan proyek perombakan JIS merupakan kerjasama antara PSSI dan pemerintah untuk memenuhi standar FIFA, bukan hanya standar internasional.

Erick menegaskan, JIS bukan satu-satunya stadion dalam proyek yang akan direnovasi.

“Cuma stadion di Jakarta yang perlu direnovasi? Kan? Pas Piala Dunia U-20 kemarin, ada stadion di Bali, Bandung, Jakarta, Sumatera Selatan, maksudnya apa? Untuk 22 stadion ini mau direnovasi,” ujarnya Kamis, 6 Juli 2023, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Kemudian ia mengingatkan bahwa renovasi yang dilakukan untuk mendukung VAR.

Baca juga: Erick Thohir dan Menteri Basuki Tinjau Kesiapan Stadion JIS

“Ingat renovasi ini sudah janji ke FIFA, ditambah juga kalau bisa renovasi ini sekalian bisa mendukung VAR.”

Mantan presiden Inter Milan itu mengingatkan, PSSI saat ini masih dalam pengawasan FIFA pasca dibatalkannya Piala Dunia U-20 2023 dan tragedi Kanjuruhan. Renovasi ini merupakan cara PSSI untuk merebut kembali kepercayaan FIFA terhadap sepak bola Indonesia.

“Kita bukan siapa-siapa di mata FIFA. Kita ini negara yang diapresiasi FIFA karena kesepakatan blue print yang waktu itu sehingga kita tidak dihukum,” tutur Erick.

“Apa isi blue print-nya? Garuda akan terbang tinggi di tahun 2045, itu ada langkah-langkahnya, jadi enggak bisa sepotong-sepotong.”

Erick sebelumnya telah meninjau kelayakan JIS dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian PUPR akan melakukan beberapa penyempurnaan terhadap ketiga fasilitas tersebut. Proyek tersebut meliputi pembuatan stasiun KRL sementara untuk memudahkan akses ke stadion. Erick pun mendukung rencana tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar