Kalahkan Belanda, Italia Keluar Jadi Juara Tiga UEFA Nations League

Ruang Bicara – Perebutan juara ketiga gelaran UEFA Nations League 2022/2023 mempertemukan Belanda vs Italia di De Grolsch Veste, Enschede, Minggu (18/6/2023) malam WIB. Italia keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2.

Pertandingan di babak pertama tercipta gol dari Gli Azzuri oleh Federico Dimarco dan Davide Frattesi. Babak kedua pertandingan berlangsung gol kemenangan tercipta oleh Federico Chiesa.

Belanda memberikan perlawanan sengit dengan sempat memperkecil skor berkat gol Steven Bergwijn dan Georginio Wijnaldum. Namun sangat disayangkan, gol Wout Weghorst dianulir oleh VAR.

Laga baru dimulai enam menit, Italia sudah mencetak keunggulan lewat golnya Dimarco. Ia menerima umpan backheel Giacomo Raspadori, lalu Dimarco hempaskan tembakan langsung untuk membobol gawang Justin Bijlow.

Kemudian Italia berhasil menambahkan gol pada menit ke-20 menjad 2-0. Akibat sebuah kemelut yang ada di kotak penalti lawan dengan memanfaatkan peluang adanya ruang tembak terbuka.

Belanda mencoba bangkit dan berupaya mengejar ketinggalan. Namun, usaha mereka tak membuahkan hasil. Skor 2-0 untuk keunggulan Italia bertahan hingga habis babak pertama.

Baca juga: Berharap Messi, Meski Akhirnya Basa-basi

Laga babak kedua, Belanda mulai meningkatkan agresivitas, dan berhasil membobol gawang Gianluigi Donnarumma kiper Italia. Gol tersebut dicetak oleh Bergwijn pada menit ke-68 untuk membuat skor menjadi 1-2.

Gol penentu Italia terjadi hanya berselang empat menit. Sekarang giliran Chiesa yang memperjauh ketertinggalan menjadi 1-3. Weghorst pada menit ke-82 sempat mencetak gol. Namun, gol tersebut dianulir karena Weghorst dinyatakan terlebih dahulu sudah offside.

Belanda terus memberikan tekanan dan belum menyerah. Akhirnya, Wijnaldum sukses memperkecil ketinggalan menjadi 2-3 lewat golnya pada menit ke-89. Namun di sisa waktu Belanda tak mampu menambah gol untuk menyamakan kedudukan.

Adapun Susunan Pemainnya sebagai berikut:

Belanda: Justin Bijlow; Denzel Dumfries, Lutsharel Geertruida, Virgil van Dijk Nathan Ake; Mats Wieffer, Frenkie de Jong; Donyell Malen, Xavi Simons, Noa Lang; Cody Gakpo.

Pelatih: Ronald Koeman.

Italia: Gianluigi Donnarumma; Rafael Toloi, Francesco Acerbi, Alessandro Buongiorno, Federico Dimarco; Davide Frattesi, Bryan Cristante, Marco Verratti; Wilfried Gnonto, Mateo Retegui, Giacomo Raspadori.

Pelatih: Roberto Mancini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *