Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Rajab

RUANGBICARA.co.id – Bulan Rajab di dunia Islam dianggap sebagai bulan yang sangat istimewa dan mulia. Bulan ini menempati posisi ketujuh dalam kalender Hijriyah dan dihormati oleh umat Islam sebagai salah satu bulan yang diberkati oleh Allah SWT.

Bulan Rajab tidak hanya dikenal sebagai bulan mulia, tetapi juga dipenuhi dengan peristiwa penting dalam Islam. Salah satu peristiwa utama adalah Isra Mi’raj, perjalanan luar biasa Nabi Muhammad Saw dari Mekah ke Yerusalem, di mana beliau bertemu langsung dengan Allah dan menerima perintah untuk melaksanakan Shalat lima waktu.

Dalam bulan Rajab, umat Muslim dilarang keras melakukan perbuatan zalim atau maksiat lebih dari bulan-bulan lainnya. Hal ini diungkapkan dalam Surah At-Taubah (9:36) di mana Allah SWT menjelaskan bahwa di antara dua belas bulan, empat di antaranya adalah bulan haram. Kesucian bulan Rajab sangat dijunjung tinggi.

Ganjaran dan Balasan

Bulan Rajab menawarkan ganjaran yang jauh lebih besar bagi setiap amalan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Namun, sebaliknya, jika seseorang sengaja melakukan perbuatan maksiat, balasannya juga akan berlipat ganda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *