Kodim 0603 Lebak Gelar Karya Bakti Bersihkan Sampah Sungai Ciujung

Lebak – Dalam upaya mencegah terjadinya banjir di Wilayah Kabupaten Lebak, Kodim 0603 Lebak menggelar aksi karya bakti membersihkan sampah di bantaran Sungai Ciujung. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa, 16 Januari 2024, di Kampung Muara, Kelurahan Muara Ciujung Barat, Kecamatan Rangkasbitung.

Aksi bersih-bersih melibatkan personel Kodim 0603 Lebak, Asda I Lebak Al Kadri, dan Kapolres Lebak AKBP Suyono. Mereka bekerja bersama-sama membersihkan sampah di sekitar Sungai Ciujung. Letkol Arh Erik Novianto, Dandim 0603 Lebak, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan langkah preventif untuk menghindari banjir.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana banjir yang rawan terjadi di Wilayah Kabupaten Lebak,” kata Dandim Erik Novianto pada Rabu, (17/1/2024).

Baca juga: Cegah Banjir MAPALA HPPA Cakrawala dan Warga Gotong Royong Periksa Tanggul

Dandim Erik Novianto juga menekankan pentingnya edukasi kepada masyarakat tentang menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di sekitar bantaran Sungai Ciujung. “Selain itu kita juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan atau membuang sampah ke sungai karena akan menyebabkan kedangkalan sungai,” tambahnya.

Saat hujan deras, Sungai Ciujung sering menjadi penyebab banjir, terutama bagi warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai. Oleh karena itu, Kodim 0603 Lebak bersama Kapolres Lebak AKBP Suyono melibatkan komponen masyarakat dalam kegiatan pembersihan sampah.

“Pembersihan sampah dilaksanakan di bantaran sungai Ciujung dan sekitarnya, kita bersama -sama membersihkan sampah dan mengangkutnya dengan menggunakan truk sampah, apabila ada sampah yang menyumbat aliran air sungai maka kita bersihkan dengan menggunakan perahu karet,” ungkap Kapolres Lebak AKBP Suyono.

Selain membersihkan sampah, personel TNI dan POLRI juga melakukan penanaman pohon yang diprakarsai oleh Kodim 0603 Lebak. Pohon-pohon tersebut diharapkan dapat menjaga ekosistem alam di bantaran Sungai Ciujung untuk mendukung upaya pencegahan banjir di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *