Kualitas Udara Buruk, Heru Budi Minta Semua Kementerian WFH

JakartaHeru Budi Hartono, Penjabat Gubernur DKI Jakarta, mengatakan bahwa Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan telah menginstruksikan kementerian menerapkan kebijakan WFH.

Instruksi ini diberikan dalam rapat di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi terkait polusi udara di Jabodetabek pada Jumat (18/8/2023).

“Tadi Pak Menteri mengarahkan untuk work from home. Nanti semua kementerian WFH,” kata Heru.

Langkah Konkrit dalam Mengatasi Kemacetan dan Polusi

Selain arahan WFH, Menko Marves juga meminta untuk diberlakukan pengetatan aturan kendaraan ganjil genap serta peningkatan tarif parkir.

“Pak Menteri kan menyarankan WFH, terus lebih dipikirkan untuk tarif parkir dan lain-lain,” ujarnya.

Tujuan dari langkah-langkah ini adalah untuk mengurangi jumlah kendaraan di ibu kota yang berdampak pada kemacetan lalu lintas dan polusi udara.

Penerapan WFH di Lingkungan Pemerintahan dan Pemprov DKI Jakarta

Tidak hanya kementerian, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga akan menerapkan kebijakan WFH bagi para pegawainya. Pelaksanaannya dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 21 Agustus.

“Kalau Pemda DKI udah mulai tanggal 21,” ucap Heru.

Baca juga: Pulihkan Lingkungan dan Hutan, KLHK Gelar Rapat Kerja

Namun, penting untuk dicatat bahwa kebijakan WFH di lingkungan Pemprov DKI Jakarta hanya berlaku untuk pegawai yang tidak melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat.

“Yang tidak bersentuhan dengan masyarakat. Rumah sakit dan sekolah tidak (WFH),” ucap Heru.

Pengecualian WFH dalam Kasus Khusus

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga akan menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi sekolah saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 berlangsung pada 4-7 September 2023.

“PJJ itu tidak. Kecuali nanti di tanggal 4-7 (September). Di luar itu WFH yang tidak bersentuhan tadi PJJ, rumah sakit, dan seterusnya. PJJ untuk KTT saja,” ucapnya.

Rapat Koordinasi untuk Atasi Polusi Udara

Diketahui, rapat tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, serta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Kemudian, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Pj Gubernur Banten Al Muktabar juga turut hadir dalam rapat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar