Kursi Dapil Banten I Jadi Rebutan Antar Dinasti Lokal, Putri Daerah, dan Elit Partai

RUANGBICARA.co.id – Tanggal 14 Februari 2024, perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan digelar. Dalam pesta demokrasi ini, masyarakat akan dihadapkan pada 5 surat suara dengan warna yang berbeda untuk masing-masing tingkatan legislatif dan Presiden.

Menariknya, Dapil Banten I, yang mencakup Lebak – Pandeglang, menjadi sorotan khusus. Terdapat 104 Calon Legislatif (Caleg) dari berbagai partai politik yang siap bersaing memperebutkan kursi di DPR RI.

Dinasti Lokal Bersaing

Pertarungan di Dapil ini kian menarik karena diwarnai oleh persaingan antar dinasti lokal. Petahana DPR RI, Achmad Dimyati Natakusumah, yang merupakan ikon Dinasti Pandeglang, akan bersaing dengan putra-putrinya, Rizki Aulia Natakusumah dan Risya Azzahra Rahimah Natakusumah, yang maju dari partai berbeda.

Selain itu, turut serta dalam pertarungan. Adde Rosi Khoerunnisa, istri mantan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, maju sebagai caleg dari Partai Golkar. Adiknya Andika, Andiara Aprilia Hikmat, yang merupakan istri dari Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban, juga mencalonkan diri di DPD RI.

Tak ketinggalan, keluarga mantan Bupati Lebak, Mulyadi Jayabaya (Ikon Dinasti Lebak), juga turut ambil bagian dalam pertarungan ini. Keluarga Jayabaya, seperti Iti Octavia Jayabaya di Demokrat, M Hasbi Asyidiki Jayabaya di PDIP dan Vivi Sumantri Jayabaya, di Perindo.

Baca juga: Panas! Caleg DPR Dapil Banten I Dikuasai Keluarga Penguasa

Penantang Baru dan Elit Partai

Tak hanya itu, muncul juga penantang baru dari kalangan politisi asli Lebak dan Pandeglang. Neng Siti Julaiha dari PPP dan Anda Suhanda dari Gerindra menjadi representatif dari kader-kader kelahiran daerah.

Di samping itu, elit partai seperti Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief, Ketua PKB Banten Ahmad Fauzi, Abdurahman dari PKB, dan sejarawan Bonnie Triyana lewat PDIP turut ambil bagian dalam pertarungan ini.

Pertarungan ini menjadi semakin sengit dengan memperebutkan 6 kursi yang tersedia di Dapil Banten I. Para kandidat telah turun ke lapangan, melakukan strategi jitu, bahkan memanfaatkan kekuasaan untuk meraih atau mempertahankan kursi yang mereka incar.

Baca juga: Dari 104 Hanya 25 Caleg DPR Dapil Banten I Asli dari Lebak – Pandeglang dan 4 yang Potensial

Pentingnya Pilihan Masyarakat

Dengan demikian, kehadiran berbagai kandidat ini menjadi hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan oleh masyarakat. Masyarakat diharapkan memilih perwakilan mereka dengan bijak, terutama dalam menilai kontribusi caleg petahana yang telah menjabat beberapa periode. Apakah mereka telah memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat Lebak – Pandeglang?

Ketajaman dalam memilih caleg yang memahami kondisi dapilnya menjadi kunci. Dengan itu, masyarakat diharapkan cerdas dalam menentukan pilihannya agar dapat membawa perubahan signifikan untuk kemajuan masyarakat Lebak dan Pandeglang. Pemilihan ini bukan hanya tentang memperebutkan kursi, tetapi juga tentang membawa perubahan positif untuk kesejahteraan daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *