Lulusan UGM Mendominasi Capres dan Cawapres 2024

Jakarta – Dalam persiapan menuju pemilihan presiden dan wakil presiden 2024, sebagian besar calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) ternyata berasal dari almamater yang sama, yaitu Universitas Gajah Mada (UGM). Siapa saja mereka?

Saat ini, telah ada tiga capres yang diumumkan, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Hanya Anies yang telah mengumumkan cawapresnya, yaitu Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Sementara itu, Ganjar dan Prabowo hingga saat ini belum mengumumkan siapa yang akan menjadi cawapres mereka. Namun, ada beberapa nama lain dari UGM yang muncul sebagai calon kuat cawapres.

Baca juga: Rektor IPB Berharap Alumni IPB Menjadi Capres dan Cawapres pada 2045

Berikut adalah deretan capres dan cawapres yang merupakan lulusan UGM:

1. Ganjar Pranowo

Capres dari PDIP ini adalah lulusan Fakultas Hukum UGM. Setelah hampir 15 tahun lulus dari UGM, Ganjar melanjutkan pendidikannya di Universitas Indonesia (UI) untuk mengambil jurusan Ilmu Politik.

2. Anies Baswedan

Capres ini merupakan lulusan Fakultas Ekonomi UGM tahun 1995. Ia pernah menjadi Ketua Senat universitas pada kongres 1992 dan melakukan beberapa perubahan dalam lembaga kemahasiswaan di UGM.

3. Muhaimin Iskandar (Cak Imin)

Cawapres Anies dalam Pilpres 2024 ini memperoleh gelar sarjana di Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (Fisip) UGM pada tahun 1991. Ia juga merupakan alumnus master di bidang manajemen komunikasi di Universitas Indonesia (UI).

4. Airlangga Hartarto

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini sempat kuliah di UGM dan lulus sebagai sarjana teknik di jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik UGM. Setelah lulus, Airlangga melanjutkan studi di berbagai universitas internasional.

5. Mahfud MD

Menko Polhukam ini adalah lulusan S1 Fakultas Sastra dan Kebudayaan UGM, jurusan Sastra Arab. Ia juga lulusan Fakultas Hukum, jurusan Hukum Tata Negara, Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

6. Prabowo Subianto

Capres dari Partai Gerindra ini adalah alumni American School di London, Inggris, dan AKABRI Magelang.

7. Ridwan Kamil

Nama yang disebut-sebut sebagai cawapres ini adalah alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) dan pernah studi master di University of California, Berkeley, AS.

8. Gibran Rakabuming

Wali Kota Surakarta ini lulus dari Management Development Institute of Singapore dan melanjutkan pendidikan di University of Technology Sydney Insearch, Sydney, Australia.

9. Sandiaga Uno

Sandiaga meraih gelar Bachelor of Business Administration dari The Wichita State University, AS.

10. Erick Thohir: Alumnus Glandale University, AS.
11. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY): Lulusan Akademi Militer tahun 2000.

Demikianlah sebagian besar calon presiden dan wakil presiden 2024 yang berasal dari almamater UGM. Tampaknya UGM memiliki andil besar dalam persaingan politik mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *