Luruhnya Hegemoni Inggris di Liga Champion

RUANGBICARA.co.id – Etihad Stadium berwarna kelabu usai Manchester City dikalahkan Real Madrid lewat drama adu penalti dengan skor 4-5 dini hari tadi (18/4). Setali tiga uang dengan tim Inggris lainnya, Arsenal juga terjungkal di Allianz Arena setelah dibungkam Bayern Munchen dengan skor 1-0.

Dua kekalahan itu memastikan bahwa hegemoni tim-tim Inggris sudah runtuh.

Tidak ada lagi wakil Inggris di Semifinal Liga Champion 2023-2024. Padahal di tiga musim terakhir, klub-klub Inggris tak pernah absen di laga 4 besar dan final. Bahkan dua musim di antaranya sukses menggondol tropi si kuping besar.

Tahun 2022-2023, Manchester City sukses menjadi kampiun setelah mengalahkan Inter Milan 1-0.  Tahun 2021-2022, Liverpool menjadi runner up setelah kalah di final oleh Real Madrid dengan skor 1-0. Hebatnya di musim 2020-2021, dua wakil Inggris berjumpa di final; Chelsea vs Manchester City. Chelsea menang 1-0 dan berhak mengangkat tropi Champion.

Ada tujuh klub yang terbilang rajin masuk semifinal Liga Champion sejak pertama digelar tahun 1956. Real Madrid (31 kali), Bayer Munchen (20 kali), Barcelona (17 kali), AC Milan (13 kali), Liverpool (12 kali), Juventus (12 kali), dan Manchester United (12 kali),

BACA JUGA: Australia Terkomang-Komang, Kanguru Terluka Dicakar Garuda

Tahun ini semifinalis diisi oleh 1 klub Spanyol, 1 klub Prancis, dan 2 klub Jerman; Real Madrid, Paris Saint Germain, Bayer Munchen, dan Borusia Dortmund. Akankah dua Jerman akan bersua di final? Mungkin saja, meski kecil potensinya. Dari keempat tim yang melaju di semifinal, suka atau tidak suka, Madrid masih diunggulkan di posisi teratas, disusul PSG, Munchen dan Dortmund.

Final Liga Champions UEFA 2023-2024 ideal tentu saja Madrid vs PSG. Alasannya jelas, karena kedua tim ini yang paling atraktif dari sisi permainan dan selalu mampu mencetak banyak gol. Andai saja ini kejadian, kemungkinan akan banyak gol yang tersaji di laga pemuncak yang berlangsung di Wembley Stadium (Inggris) pada 1 Juni 2024.

Bagaimana dengan nasib duo Jerman? Jangan dulu menghilangkan dua tim Jerman ini dari daftar finalis Liga Champion musim 2023-2024. Karena di partai semifinal, apa pun bisa terjadi. Andai saja Bayern Munchen dan Borussia Dortmund mengalahkan Real Madrid dan PSG, maka partai final ulangan 2012-2013 terulang. Dan itu semakin identik karena digelar di tempat yang sama yaitu Wembley Stadium. Menarik untuk ditunggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *