Mahasiswa Lebak Gencar Jaga Kearifan Lokal dengan Kunjungan ke Desa Adat Baduy

LebakPengurus Ikatan Mahasiswa Lebak (IMALA) Cabang Serang terus berupaya melestarikan kearifan lokal dengan melibatkan puluhan mahasiswa dalam kunjungan dan silaturahmi ke Desa Adat Saba Budaya Baduy, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Minggu, (10/12/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kearifan lokal dan menjaga kebudayaan masyarakat Baduy.

Alfian, Ketua IMALA Komisariat Piksi Input Serang, menyatakan bahwa kunjungan tersebut menjadi bagian integral dari upaya IMALA untuk memperkenalkan budaya Kabupaten Lebak, khususnya keberadaan masyarakat Adat Baduy.

“Kunjungan ini tentunya dapat memberikan pengalaman baru kepada mahasiswa, dan juga memberikan teladan untuk para mahasiswa dari berbagai kampus,” ujar Alfian.

Mahasiswa Lebak bersama Iwan Kurniawan, Pj Bupati Lebak dan Kepala Disbudpar Lebak.

Baca juga: HUT ke-195 Lebak Diwarnai Aksi Ricuh Mahasiswa dan Jebolnya Pagar

Dalam rangkaian kegiatan, mahasiswa IMALA mengunjungi beberapa lokasi, termasuk Jembatan Bambu di Kampung Gajebo Baduy, dan rumah Kepala Desa Kanekes, yang lebih dikenal dengan nama Jaro Saija. Mereka menyusuri perkampungan Baduy untuk memahami konsep menjaga nilai-nilai kearifan lokal, sejalan dengan sikap anti-teknologi yang dianut oleh masyarakat Baduy.

Selain itu, Ayudi, Ketua IMALA Cabang Rangkasbitung, menyampaikan bahwa bertemu dengan Jaro Saija, tokoh adat Baduy, memberikan peluang mahasiswa untuk mendapatkan berbagai ilmu dan wejangan tentang pentingnya menjaga alam.

“Kami diberikan wejangan, ager kami senantiasa menjaga alam dimana pun berada. Alam Baduy dan sekitarnya, tentunya ini sangat berharga bagi kami dan kawan-kawan yang lain,” ungkap Ayudi.

Ikatan Mahasiswa Lebak (IMALA) kunjungan ke Desa Adat Baduy.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, puluhan mahasiswa juga berkesempatan mencoba manisnya duren Baduy yang sedang musim. Duren Baduy menjadi cirikhas dan jamuan bagi para mahasiswa, menambah keberagaman pengalaman selama kunjungan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *