Mahasiswa UI Tewas, Dibunuh Oleh Kakak Tingkatnya

Polisi Ungkap Motif Pembunuhan

Depok – Polisi mengungkapkan bahwa mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berusia 23 tahun, berinisial AAB, sejak awal memiliki niat untuk mencuri dan bahkan membunuh MNZ yang berusia 19 tahun, demi melunasi utangnya.

“Kenapa sasarannya korban? Karena pelaku dengan korban itu berteman, dan tahu korban tahu punya barang-barang seperti laptop merek MacBook, punya iPhone segala macam,” kata Wakil Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Depok AKP Nirwan Pohan dalam konferensi pers, Sabtu (5/8/2023).

Motif Pembunuhan Terkait Utang dan Harta Korban

Sebelum melakukan pembunuhan, AAB berusaha menguras isi ATM milik juniornya tersebut.

Alasannya memilih MNZ sebagai korban karena keduanya berteman, dan AAB mengetahui bahwa MNZ memiliki barang-barang mewah seperti laptop MacBook dan iPhone, serta memiliki banyak uang.

Selain itu, MNZ dikenal sukses bermain investasi kripto, yang membuat AAB merasa iri.

“Karena kan korban ini ikut juga main investasi gitu, dia lebih banyak berhasil dan mungkin korban dianggap lebih banyak duitnya, jadi (pikir pelaku) dengan menguasai ATM-nya bisa selesaikan utang saya (pelaku)” jelasnya.

Rencana Pembunuhan Sejak Awal

AAB telah merencanakan untuk membunuh MNZ sejak Senin (31/72023) setelah mengetahui bahwa korban baru saja pulang dari kampung halamannya. Pelaku bahkan mencari cara membunuh melalui video di YouTube.

“Memang sudah merencanakan untuk membunuh korban dari Senin selepas korban pulang,” ucapnya.

Setelah mencuri dompet korban untuk mengambil kartu ATM, AAB gagal mengakses PIN ATM milik MNZ. Akhirnya, dompet itu diblok oleh AAB karena tidak mengetahui PIN-nya.

“Setelah diambil, dompet diambil dicoba ke ATM karena tidak tahu PIN-nya akhirnya diblok,” terangnya.

Penangkapan Pelaku dan Barang Bukti

Polisi berhasil menangkap AAB dan menyita sejumlah barang bukti termasuk pisau lipat yang diduga digunakan untuk membunuh serta sejumlah barang milik korban yang diduga dicuri. AAB diduga melakukan pembunuhan karena terlilit utang.

Mayat MNZ ditemukan pada Jumat (4/8/2023) di kosan korban setelah dilakukan penyelidikan. Mayat itu telah dimasukkan ke dalam plastik dan dibiarkan di kamar kos.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *