Masa Jabatan Kades Hingga 8 Tahun, PPP Berupaya Dorong Peningkatan Dana Desa

JakartaFraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendorong perpanjangan masa jabatan kepala desa (kades) menjadi 8 tahun dalam satu periode dengan tujuan meningkatkan Dana Desa. Sekretaris Fraksi PPP DPR RI, Achmad Baidowi, mengumumkan kesepakatan ini setelah rapat kerja bersama pemerintah.

“Badan Legislasi rapat kerja bersama pemerintah mengesahkan revisi kedua UU 6 tahun 2014 tentang Desa, Dalam rapat kali ini yang krusial adalah masa jabatan Kades menjadi delapan tahun dalam satu periode dengan maksimal dua periode,” kata Baidowi dalam keterangan tertulis, Selasa (6/2/2024).

Ketua Panja Revisi UU Desa, Baidowi, menilai bahwa perpanjangan masa jabatan memberikan kades lebih banyak waktu untuk merancang dan melaksanakan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. “Para kades memiliki posisi strategis dalam meningkatkan pembangunan di tingkat desa sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat desa,” ungkapnya.

Baca juga: DPR Minta Langkah Preventif Atasi Radikalisme di Tubuh BUMN

Selain perpanjangan masa jabatan, Fraksi PPP di DPR RI sedang memperjuangkan kenaikan anggaran Dana Desa. Baidowi menegaskan komitmennya, “Saya sebagai Ketua Panja memperjuangkan penambahan alokasi dana desa sesuai kemampuan anggaran pemerintah.”

Baca juga: Sandiaga Uno Disambut Meriah Simpatisan dan Kader PPP Lebak

Upaya ini diharapkan memastikan dana yang disalurkan untuk pembangunan di desa mencukupi dan memberikan dampak positif pada kebutuhan masyarakat desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *