Memuat Gambar Caleg Mantan Bupati, Dinsos Lebak Ingatkan Stiker PKH Tak Boleh Dicopot

LebakDinas Sosial Kabupaten Lebak akan memasang stiker Program Keluarga Harapan (PKH). Stiker tersebut terlihat memuat gambar mantan Bupati, Iti Jayabaya dan wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi yang saat ini menjadi Caleg DPR RI dan Caleg DPRD Provinsi.

Sehingga hal ini menjadi pertanyaan publik, sampai-sampai stiker ini dilarang dicopot, karena bagian dari langkah strategis yang diambil pemerintah daerah. Lantas, ada apakah dengan Dinsos Lebak?

Diketahui, sebanyak 154.089 keluarga kurang mampu di Kabupaten Lebak, Banten, telah dipilih sebagai penerima PKH dan rumah mereka akan diidentifikasi dengan stiker khusus yang memuat gambar mantan Bupati dan Wakil Bupati tersebut.

Menurut Kepala Dinsos Lebak, Eka Dharmana Putra, langkah ini diambil untuk meningkatkan transparansi dan memastikan bahwa bantuan sosial tepat sasaran.

“Stiker yang dipasang itu sebagai tanda keluarga tersebut merupakan penerima bansos. Ini untuk memastikan jika bantuan pemerintah tepat sasaran,” ujar Eka kepada media, dikutip Rabu, (20/12/2023).

Baca juga: Ramai! LO Partai Politik Pertanyakan Stiker PKH Berisi Gambar Caleg Mantan Bupati

Kemudian, alasan pemasangan stiker ini tidak hanya sebagai identifikasi penerima PKH, tetapi juga untuk memetakan keluarga miskin yang belum menerima bantuan sosial lainnya. Dinsos Lebak berharap dapat meningkatkan efektivitas program Bansos secara keseluruhan.

Meskipun hal ini menuai perhatian, Eka menghimbau pencopotan stiker dianggap sebagai tindakan yang dapat memengaruhi status keikutsertaan dalam program PKH.

“Kalau stiker yang dipasang dilepas ya dianggap mengundurkan diri dari kepesertaam program yang selama ini didapatnya,” tambahnya.

Langkah Dinsos Lebak ini menciptakan tanda tanya di kalangan masyarakat, karena bisa dimanfaatkan untuk kampanye salah satu calon, maka dari itu jika pemasangan stiker ini disertai ajakan atau diklaim dari partai tertentu segera laporkan ke Bawaslu atau Panwas setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *