Menanti Kampung Mati yang Perlahan Akan Tenggelam

Lebak – Setelah beroperasinya Bendungan Karian pada 29 September 2023, Kampung mati di Lebak yang sudah ditinggalkan penduduknya siap tenggelam dalam waktu dekat.

Dalam penelusuran tim Ruangbicara, terlihat tinggi permukaan air, terutama di Kampung Sinday, Desa Pajagan, Kecamatan Sajira, telah menutupi sebagian besar rumah, bahkan ada yang sudah sepenuhnya tenggelam di satu kampung.

Setelah rampung, ditargetkan, bulan depan Desember 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Bendungan Karian setelah sembilan tahun pembangunan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menurut warga Kampung Sinday, seperti Sopian, mengatakan bahwa tinggi air sungai sudah mencapai atap rumah, dan beberapa bagian dari Kampung Sinday dan Genteng sudah tenggelam.

“Karena ketinggian air terus-menerus naik, saat ini sudah sampai atap. Sebelumnya rumah warga dan atap masjid belum tertutup air, kalo sekarang sudah tenggelam,” ujar Sopian Senin, (6/11/2023).

Diketahui, Bendungan Karian memiliki kapasitas total sebanyak 314 juta meter kubik air, menjadikannya sebagai bendungan terbesar ketiga di Indonesia setelah Bendungan Jatiluhur dan Bendungan Jatigede.

Baca juga: Tak Disangka! Pria Ini Dulunya Top Lulusan ITB, Sejak Ditinggal Pacar Begini Kondisinya

Sopian juga menambahkan bahwa beberapa kampung lainnya juga hanya menunggu waktu untuk tenggelam oleh air sungai Ciberang yang telah dibendung.

“Kalo diperkirakan Desember udah mulai penuh, ditambah situasi saat ini sudah masuk musim hujan jadi pasti air akan semakin tinggi,” tambahnya.

Di sisi lain, Hendri menyebutkan bahwa tenggelamnya Kampung Sinday telah menjadi daya tarik wisata dadakan bagi warga di Desa Pajagan dan sekitarnya.

“Warga setiap sore berkunjung kesini melihat air makin tinggi dan menenggelamkan kampung. Beberapa warga ada yang sengaja datang jauh-jauh kesini karena penasaran,” kata Hendri.

Hendri berharap bahwa kehadiran Bendungan Karian akan memberikan manfaat bagi warga di Kecamatan Sajira dan sekitarnya, dan dapat menjadi sumber penghasilan tambahan.

“Harapannya keberadaan Bendungan Karian ini memberikan manfaat, dan dapat menjadi sumber penghasilan bagi warga di Desa Pajagan dan sekitarnya,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *